PLN Perkuat Sistem Kelistrikan di Perbatasan Sambas-Malaysia Lewat Pengembangan PLTS

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - PLN kembangkan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS di daerah Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Kampung Melano, Malaysia, dengan kapasitas 371 kWP.

Program ini merupakan upaya memperkuat sistem kelistrikan di daerah tersebut. Supaya, listrik PLN bisa dirasakan maksimal oleh masyarakat perbatasan.

"Saat ini kami berupaya memperkuat pasokan listrik ke daerah 3T, khususnya di daerah Temajuk," kata Manager PLN UP3 Singkawang, Beny Indra Praja.

"Kami sedang menyelesaikan 2 proyek strategis, yakni pembangunan jaringan listrik untuk grid ke sistem isolated Temajuk, agar masyarakat dapat segera menikmati layanan listrik 24 jam dan revitalisasi PLTS sebesar 371 kWP yang dijadwalkan beroperasi pada Agustus 2023," sambungnya.

Beny menyebut, posisi strategis Desa Temajuk yang berada di pesisir dan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, memiliki potensi dan daya tarik tersendiri bagi pengembangan wilayah perbatasan ke depannya.

Kedekatan dengan negara tetangga tidak hanya dalam hal lokasi, namun juga dalam aspek sosial dan ekonomi antara warga Desa Temajuk dan Kampung Melano, Malaysia.

"Desa Temajuk, khususnya Dusun Sempadan berjarak kurang dari 1 km dengan batas negara," ujarnya.

Sehingga, tak heran, jika akhir pekan, banyak wisatawan mancanegara dari Malaysia dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Desa Temajuk.

Selain berwisata ke pantai, tidak sedikit wisatawan yang hanya sekedar makan atau berwisata kuliner di Desa Temajuk.

"Keberadaan listrik yang andal tentunya akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sana," ujar Beny

Dengan listrik yang akan disuplai oleh pembangkit eksisting dan didukung oleh PLTS Temajuk, paling tidak ada 786 rumah warga yang akan menikmati listrik PLN untuk menunjang aktivitas warga, sekaligus mendukung kegiatan UMKM dalam mengembangkan usahanya.

"Merupakan kebanggaan bagi kami dapat melistriki rumah-rumah warga hingga ke daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal," ucapnya.

Diharapkan, program pengembangan PLTS di wilayah Temajuk, memberikan dampak positif di sektor pariwisata dan UMKM untuk meningkatkan ekonomi berkelanjutan ke depan.***

Leave a comment