HMI Sanggau Belum Lihat Dampak Spesifik Kinerja Senator DPD RI Dapil Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Ketua Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sanggau, Suryani mengaku belum melihat dampak yang spesifik dari kinerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Kalbar.

Sebab, apa yang mereka lakukan sama seperti fungsi DPR saja, yang hanya sebatas menyerap aspirasi masyarakat. Padahal, tugas pokok senator itu adalah memperjuangkan isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan daerah.

Salah satunya, memperjuangkan pemekaran wilayah, supaya terjadi percepatan pembangunan daerah.

"Pemekaran Provinsi Kapuas Raya pun tidak ada perkembangan lebih lanjut dan masih terhambat," kata Suryani, (14/6/2023).

Di sisi lain, Suryani juga menyoroti isu Indeks Pembangunan Manusia atau IPM di Kalbar yang masih jauh dari angka standar nasional.

Pada bagian ini, ia juga menilai intervensi DPD terhadap daerah sangat minim untuk membantu peningkatan IPM lewat kewenangannya.

"Hal itu membuat opini di mana wewenang DPD untuk memantapkan otonomi daerah tidak berjalan baik," ujarnya.

Suryani juga merespon pernyataan Anggota DPD dapil kalbar, Cristiandy Sanjaya yang mengatakan dirinya sudah mengunjungi 300 titik di kalbar untuk menyerap aspirasi rakyat.

"Dari pernyataan beliau itu seharusnya sudah banyak usulan yang terealisasikan untuk kalbar, tapi hingga saat ini masih sangat kecil yang masyarakat dirasakan," bebernya.

Ia pun berharap Anggota DPD RI Dapil Kalbar ke depan memberikan pembangunan yang konkrit kepada daerahnya.

"Jangan hanya kerja seremoni. Kerja nyata dong kepada masyarakat Kalbar dengan pembangunan dan lain-lainnya," ucapnya. (Can)

Leave a comment