Semarak Karnaval Merah Putih Khatulistiwa, 2.000 Peserta Tumpah Ruah Parade Budaya Pakaian Adat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ribuan peserta Karnaval Merah Putih Khatulistiwa tumpah ruah memadati Jalan Ahmad Yani Pontianak, Sabtu (19/8/2023) pagi.

Para peserta karnaval melakukan parade budaya berbagai macam pakaian adat. Ada juga atraksi tari-tarian di bundaran Digulis. Iringan drum band memecah kemeriahan. Masyarakat pun antusias menonton.

Karnaval Merah Putih Khatulistiwa ini merupakan rangkaian kegiatan menyemarakan HUT RI ke-78 yang digelar Pemprov Kalbar. Cukup meriah dan menakjubkan.

Masyarakat pun terhipnotis dengan berbagai pertunjukan kostum budaya melibatkan 2.000 peserta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rita Hastarita, mengatakan kegiatan karnaval ini merupakan kolaborasi antara Pemprov Kalbar dengan Pemerintah Kota Pontianak.

Ia mengapresiasi semanggat peserta antusias memeriahkan kegiatan karnaval ini, dengan berpakaian adat yang terdiri dari 24 kelompok etnis dari berbagai etins.

"Dengan semangat kolaborasi kita bawa Kalimantan Barat maju dan sejahtera," ucapnya

Ia berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dengan berbagai konsep menarik lagi di tahun depan, melalui kolabroasi di berbagai komunitas, dan juga dukungan masyarakat.

Veny Lestari Kepala Sekolah SMK 6 Pontianak menilai, karnaval ini merupakan kegiatan positif dan mendidik untuk pelajar.

Menurutnya, SMK 6 Pontianak sendiri telah melakuan persiapan sebaik mungkin untuk menampilkan karya siswa-siswa di ajang Karnaval Merah Putih Khatulistiwa.

“Kami mempersiapkan pembuatan kostum hampir dua minggu. Kegiatan ini merupakan ajang untuk berkreasi, semoga dapat memacu anak-anak, untuk dapat mengembangkan kreativitas," pungkasnya. (Evi)***

Leave a comment