Kedubes AS Ajak Warga Pontianak Ramaikan Pertunjukkan OneBeat Karya 12 Musisi Tiga Negara

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Konselor Diplomasi Publik Kedubes AS, Jason Rebholz ajak masyarakat Kota Pontianak untuk meramaikan pagelaran musik bertajuk OneBeat Borneo, “Pararaung: Sonic Coexistence”, di Cafe Porthouse 99 Cafe, Jalan Komodor Soedarso Pontianak, Sabtu (26/08/2023) pukul 19.00 WIB.

Jason menyebut, OneBeat Borneo merupakan program inisiasi dari Deplu AS, yang menggunakan kolaborasi musik untuk mengeksplorasi masalah sosial dan lingkungan di Kalimantan.

"Saya juga akan datang menonton OneBeat Borneo," kata Jason, kepada insidepontianak, Jumat (25/08/2023).

Artistic Director, Yadi menambahkan, ada 12 musisi dari 3 negara yakni Indonesia, Malaysia dan Amerika Serikat.

"Di sini kami para musisi akan di mengekplorasi kebudayaan lokal Kalimantan Barat, merefleksikan isu-isu sosial, dan bertukar cerita dengan masyarakat setempat," kata Yadi.

Dalam kurun waktu residensi selama dua minggu, karya mereka ini akan ditampilkan di Port99 Pontianak.

Yadi sendiri seorang komposer, multi-instrumentalis dan ahli musik yang tinggal di Pontianak.

Ia pun mengajak rekan-rekan untuk mengeksplorasi konsep adaptasi, hidup berdampingan, dan keterhubungan, seperti yang dicontohkan oleh beragam ekosistem Borneo, melalui lensa sonik. 

Melalui dialog dan eksplorasi bersama, peserta akan merefleksikan permasalahan sosial dan lingkungan Kalimantan sambil bertukar pikiran dengan anggota masyarakat setempat

"Ayo warga Kota Pontianak meramaikan acara persembahan 12 musisi 3 negara ini. Acara ini sama sekali tidak dipungut biaya, alias gratis," kata Yadi.

OneBeat Borneo merupakan inisiatif diplomasi budaya Kedutaan  Besar AS di Jakarta  dan  Biro Pendidikan dan Kebudayaan  yang diproduksi oleh Bang on a Can's Found Sound Nation. ( loh).

Leave a comment