400 KK di Batu Ampar Kubu Raya Terima KWH Gratis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kebahagiaan dirasakan 400 kepala keluarga di Dusun Keruing, Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya.

Bagaimana tidak, mimpi teraliri listrik PLN dan memiliki KWH sendiri akhirnya terwujud. Mereka diberikan bantuan lewat aspirasi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Maman Abdurahman.

Launching pemasangan listrik baru atau KWH gratis ini dilakukan, Minggu (3/9/2023). Kegiatan ini dihadiri tokoh masyarakat Kepala Dusun Desa Keruing, Tomi Ternada, Kasipem Pemerintah Desa Batu Ampar Ramlan AJ, juga perwakilan PLN Unit Rasau Jaya, Nova termasuk Tenaga Ahli Wakil Ketua Komisi VII, Maman Abdurahman sekaligus Plt Ketua DPD Golkar Kubu Raya, Andry.

Andry mengatakan, program KWH gratis ini merupakan aspirasi Maman Abdurahman.

Program ini menyasar masyarakat berpenghasilan rendah. Salah satunya di Batu Ampar.

"Di mana di Desa Batu Ampar tahun ini ada 400 kepala keluarga yang akan mendapatkan bantuan KWH gratis," kata Andry, Senin (4/9/2023).

Pemasangan KWH gratis ini pun disambut antusias masyarakat setempat. Sebab, ketiadaan biaya selama ini membuat masyarakat terpaksa nyantol listrik ke rumah tetangga dan kolega karena belum punya KWH sendiri.

"Alhamdulillah masyarakat senang. Mereka berterima kasih kepada Maman Abdurahman selaku Ketua DPD Partai Golkar dan Partai Golkar Kubu Raya karena sudah mengusulkan nama-nama mereka sebagai penerima KWH gratis yang mana program ini sudah lama mereka idam-idamkan," terangnya.

Selain di Batu Ampar, ada 5 ribu kepala keluarga yang tersebar di sembilan Kecamatan di Kubu Raya yang juga bakal menerima KWH gratis.

"Tahun ini Insya Allah akan kita pasang," kaya Andry.

Ia mengucapkan terima kasih kepada kader dan relawan Golkar yang sudah bekerja keras dan bekerja cerdas melakukan pendataan di sembilan kecamatan.

Andry meminta masyarakat melapor jika ada oknum yang meminta uang kepada penerima bantuan pemasangan KWH gratis ke aparat kepolisian. Sebab, pemasangan KWH gratis program Maman Abdurahman ini tak dipungut biaya.

Penegasan ini disampaikan Andry karena ditemukan pungli di beberapa wilayah di Kubu Raya dan Mempawah. Oknum tak bertanggung jawab itu menarik biaya kepada masyarakat dengan nilai Rp200 sampai Rp500 ribu.

"Kalau ada oknum yang melakukan pungutan liar siapa pun dia kita minta diproses secara hukum. Kami tidak pernah memungut satu rupiah pun, semuanya gratis," ujarnya.

Andry juga menegaskan, kader Golkar punya adab dan fatsun politik. Kader beringin tidak pernah mengaku-ngaku program yang bukan di perjuangkan partai Golkar.

Tapi, kata dia, banyak partai yang justru mengklaim program KWH gratis dan listrik masuk desa yang sudah diperjuangkan Maman Abdurahman dan Partai Golkar.

"Kami punya adab dan fatsun politik. Partai Golkar tidak pernah mengaku-ngaku program yang bukan di perjuangkan partai Golkar. Tapi banyak partai-partai diluar partai Golkar seolah miskin ide dan gagasan, miskin program sehingga mengaku program yang dibuat partai Golkar," terangnya.

Andry mempersilakan partai di luar Golkar jika ingin berpartisipasi dalam program KWH gratis meminta slot program listrik masuk desa datang ke Partai Golkar.

"Kami punya data 15 ribu keluarga yang perlu bantuan. Apabila kalian ingin memperjuangkan KWH gratis untuk masyarakat silahkan kita berkordinasi. Tapi jangan mengklaim warga yang sudah kami salurkan bantuan. Sehingga tidak membuat bingung masyarakat," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment