Udara Tak Sehat, Bupati Ketapang Martin Rantan Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Bupati Ketapang, Martin Rantan mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah mengingat kondisi udara saat ini sedang tidak sehat.

Pencemaran udara itu akibat kabut asap semakin parah dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa daerah.

Bupati Martin juga meminta orang tua yang memiliki anak-anak, untuk sementara tidak membiarkan bermain di luar rumah.

"Saya berharap agar orang tua dan anak-anak  khususnya yang mengidap penyakit berkaitan dengan pernapasan agar membatasi keluar rumah dan memakai masker," pesan Martin, Selasa (5/9/23).

Menurutnya, data Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), kualitas udara di Ketapang saat ini masuk dalam kategori tidak sehat.

Karena itu, ia mengingatkan dinas kesehatan terus menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi berbagai ancaman penyakit yang ditimbulkan akibat kabut asap ini.

Direktur RSUD Agoesdjam Ketapang, Feria Kowira mengatakan, hingga saat ini pasien Insfeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat kabut asap belum signifikan.

Kendati demikian kata Feria, RSUD Ketapang sudah bersiap dalam menghadapi lonjakan kasus ISPA, mengingat kualitas udara sudah dalam kategori tidak sehat.

"Kita sudah siap-siap, seperti obat-obatan dan tempat tidur pasien, termasuk tenaga medisnya," ujar Feria Kowira.

Selanjutnya Feria meminta kepada warga terutama anak-anak untuk menghindari aktivitas di luar ruangan, jika tidak ada hal yang mendesak. Jika pun harus keluar, kata Feria wajib menggunakan masker.

"Konsumsi makanan bergizi, minum vitamin atau suplemen makanan, itu penting dengan kondisi lingkungan seperti ini. Minum air putih," pesannya.***

Leave a comment