Binaan CSR CMI Budidaya Burung Puyuh Petelur

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) melalui site Sandai menghadirkan program binaan CSR (Corporate Social Responsibility) di wilayah Desa Sandai Kiri.

Melalui Program Budidaya Burung Puyuh Petelur yang dilakukan oleh kelompok ternak Mantas Jaya.

Wilayah Desa Sandai Kiri merupakan salah satu wilayah yang potensial untuk budidaya ternak, sehingga PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) melalui site Sandai menghadirkan program CSR di wilayah tersebut melalui Program Budidaya Burung Puyuh Petelur.

Kelompok yang diprakarsai oleh mayoritas para Petani ini memiliki rutinitas beternak dan berkebun setiap hari.

Selain berkebun, kelompok ternak Mantas Jaya juga memiliki ternak bebek yang saat ini sedang berjalan.

Untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa, CMI menginisiasi melakukan pengembangan budidaya ternak burung puyuh petelur.

Termotivasi dari potensi permintaan pasar yang tinggi akan telur puyuh di Desa Sandai Kiri dan belum ada peternak yang membudidayakan burung puyuh, selain daging dan telurnya sebagai sumber protein hewani yang dapat dikonsumsi serta kotoran dapat dijadikan pupuk kandang dan untuk makanan ikan.

Budidaya burung puyuh petelur ini merupakan usaha sampingan kelompok ternak Mantas Jaya yang dibekali bibit burung puyuh sebanyak 500 ekor oleh CMI berserta pakannya, untuk menunjang kelancaran produksi telur puyuh guna mendukung keberhasilan aAgribisnis burung puyuh petelur.

Sebagai unggas penghasil telur, burung puyuh mulai bertelur saat berumur 45 hari dan masa produktif burung puyuh berlangsung sekitar 18-24 bulan.

Penghasilan bersih yang diperoleh setelah burung puyuh bertelur 80 persen setiap bulan, sehingga bisa mendapatkan pendapatan sebesar kurang lebih 2 juta dengan masa produktif 18 bulan.

Heri Suparjan selaku perwakilan dari kelompok ternak Mantas Jaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada CMI site Sandai atas program CSR yang dilakukan.

“Terima kasih CMI, kegiatan ini tentunya berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat. Harapannya, program ini dapat berlanjut,” Ujar Heri.

Sementara itu, Hendra selaku Mmanager Site Sandai CMI menyampaikan, program budidaya burung puyuh petelur sejalan dengan salah satu tujuan CSR CMI, yaitu berperan aktif dan berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar area operasi khususnya.

“Semoga program ini dapat mendukung peningkatan ekonomi warga Desa Sandai Kiri. Selain itu, kegiatan ini juga diharap mampu mendorong masyarakat untuk terus berkarya dan terus produktif,” kata Hendra.***

Leave a comment