Pemilik Kendaraan Listrik di Pontianak Bentuk Komunitas Electric Vehicle Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tingkatkan kolaborasi antarsesama pengguna kendaraan listrik, sejumlah pemilik kendaraan listrik di Kota Pontianak membentuk komunitas.

Mereka memberi nama komitasnya dengan sebutan Electric Vehicle (EV). Kegiatan pertama komunitas ini yaitu dengan mengelar EV Gathering, di Hotel Mercure, Selasa (12/9/2024).

Kegiatan EV Gethering turut didukung oleh pihak PLN UP3 Pontianak. Manager PLN UP3 Pontianak, Sigit Hari Wibowo menyebut gethering ini sekaligus memperingati Hari Pelanggan Nasional 2023.

"Kegiatab ini kita harapkan menjadi media komunikasi, berbagi informasi dan pengalaman dalam menggunakan kendaraan listrik," ucap Sigit.

Linardi, warga Jalan Ali Anyang, Pontianak mengaku menggunakan kendaraan listrik sejak setahun yang lalu. Baginya, kendaraan listrik sangat praktis dan hemat.

"Pajaknya cuma 143 ribu rupiah per tahun. Melakukan pengecashan mobil listrik tidak berpengaruh terhadap pemakaian listrik setiap bulannya," ujar Linardi .

Ia berharap pemasangan SPKLU diperbanyak, khususnya arah keluar kota. Agar pemilik kendaraan listrik tidak ragu lagi menggunakan kendaraannya untuk perjalanan ke luar kota.

Senada, Wilson, warga Jalan Purnama Pontianak, mengatakan bahwa performa kendaraan listrik sangat baik, modelnya pun kekinian. Dan pastinya jauh lebih hemat.

"Waktu menggunakan mobil konvensional, saya harus merogoh kocek sekitar Rp1,7 juta per bulan untuk membeli BBM. Setelah menggunakan mobil listrik, dalam sebulan saya hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp200-an ribu saja. Hemat sekali," tutur Wilson.

Sementara itu, Senior Manager Niaga dan Manajemen PLN UID Kalbar, Paris El Hakim, mengatakan, pihaknya terus mendorong masyarakat untuk lebih mengenal kendaraan listrik dengan berbagai keunggulannya.

"Sehingga masyarakat tertarik untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.

Menurutnya, menggunakan kendaraan listrik tak hanya bisa menghemat pengeluaran. Tapi juga dapat berkontribusi dalam menjaga kualitas udara, menekan dampak emisi rumah kaca dan polusi udara.

Ia pun berharap pembentukan komunitas EV di Kalbar akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk dapat beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Pembentukan komunitas EV sangat positif untuk membantu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait EV," imbuh Paris.

Ditegaskannya, PLN mendukung akselerasi ekosistem EV di Kalbst dengan meningkatkan kualitas pelayanan kelistrikan kepada pelanggan, menyediakan infrastruktur pendukung seperti SPKLU, SPLU dan fasilitas home charging services yang terintegrasi di PLN Mobile di mana ada diskon 30 persen, untuk pemakaian di jam 22.00 WIB sd 05.00 WIB untuk pemilk kendaraan listrik.

Ia juga mengatakan seluruh informasi terkait layanan EV dan berbagai promo layanan dapat diakses lewat aplikasi PLN Mobile.

"Silahkan download aplikasi PLN Mobile secara gratis di Play Store bagi pengguna Android dan APP Store bagi pengguna IOS, dan dapatkan berbagai kemudahan layanan termasuk informasi EV di aplikasi yang super canggih ini," tutup Paris.***

Leave a comment