Kabar Gembira: Mahasiswa Untan Tak Perlu Ujian Skripsi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Universitas Tanjungpura memberikan kebijakan yang mempermudah kelulusan untuk mahasiswa menyelesaikan masa studinya.

Dalam kebijakan tersebut, mahasiwa tidak lagi wajib menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan.

Ini diungkapakan oleh Wakil Rektorat Universitas Tanjungpura Radian. Diakuinya untuk mahasiswa baru kedepanya akan mengikuti peraturan kementrian untuk tidak memberlakukan skripsi.

"Untuk mahasiswa yang sekarang kita belum memasukan peraturan tersebut ke dalam buku pedoman akademik," ungkap Ardian saat di temui di PLTS Labolatorium Untan, pada Rabu (30/8/2023).

Ia mengatakan, penyelesaian tugas akhir yang dikenal dengan tugas skripsi untuk mahasiswa mungkin tidak memerlukan skripsi lagi, akan tetapi ada kebijakan masing-masing dari Fakultas.

"Tentunya hal tersebut akan masih menjadi pembahasan penting untuk setiap Fakultas. Tergantung dari pada kebutuhan di luar masing-masing kompetensi prodi," terangnya

Ardian menegaskan, kesiapan dari pihak Untan dalam menjalankan peraturan yang telah ditetapkan untuk mengikutinya.

"Kita siap, cuman memerlukan waktu supaya jangan merugikan pihak," ujar Ardian

Jika memang tidak ada skripsi Ia mengatakan, kembali lagi kepada masing prodi, apakah mereka memerlukan atau tidak.

"Mungkin ada bidang ilmu yang tidak memerlukan skripsi, bukan berarti hilang skripsi lalu tidak ada tugas akhir, tetapi hanya modelnya saja yang berbeda," jelasnya

Menurut Ardian, pihaknya akan merumuskan tim untuk melakukan revisi kurikulum secara bertahap dari Fakultas hingga tingkat prodi.

Diakui Ardian, memerlukan waktu untuk memberlakukan kebijakan tersebut, karena memang sebelumnya sudah mempunyai peraturan kurikulum yang telah dibuat.

"Seperti bagaimana model risetnya, metode ilmiahnya yang akan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan sekarang," pungkasnya (Evi)***

Leave a comment