BPBD Pontianak, Terus Berupaya Melakukan Penangulangan Bencana

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), melakukan sosialisasi Kajian Resiko Bencana (KRB), bertempat di Hotel Orchadz, Gajah Mada, pada Kamis (31/8/2023).

Pelaksanaan penangulangan tersebut dilakukan dalam upaya kebijakan penanganan bencana, khususnya yang ada di Kota Pontianak.

Kepala BPBD Pontianak, Yusnaldi menyampaikan adapun jenis ancaman bencana yang berpotensi di Kalbar seperti banjir, kekeringan, cuaca ekstrem dan Karthula hingga saat ini perlu penaganan yang intensif.

Ia mengatakan, melalui penyusunan kajian resiko ini, nantinya dapat meminimalisir bencana untuk lima tahun kedepan, dengan berpedoman dalam perencanaan dan evaluasi yang terjadi sebelumnya.

Diakuinya, hingga saat ini Kota Pontianak masih terhindar dalam hal bencana besar, karena kesiapan dan kesiagaan dalam pencegahan dilakukan.

"Ini berkat kerjasama, antar semua pihak dan kepedulian masyarakat terhadap Kota Pontianak," ujarnya.

Sementara menurut Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Bencana alam angin puting beliung, musim hujan dan kebanjiran serta kebakaran lahan perlu diantisipasi di Kota Pontianak

"Mengigat Kota Pontianak sebelumnya megalami kebakaran lahan yang cukup besar, akibat dari musim kemarau," jelasnya

Ia menambahkan, saat cuaca hujan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan kebanjiran desetiap wilayah, seperti sungai kapuas yang mengalami luapan air dari hujan yang deras.

Menurutnya, adapun bencana lain seperti kelalaian, adanya kebakaran rumah, maupun terjadi insiden rumah yang ambruk akibat dari pondasi yang tidak kuat.(Evi)***

Leave a comment