Giring Ganesha Lengser dari Ketum PSI, Akui Rekomendansikan Nama Kaesang Pangarep

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Tiga hari bergabung dengan PSI (partai solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep didaulat menjadi ketua umum (ketum) partai menggantikan Giring Ganesha.
 
Dengan Kaesang Pangarep menjabat sebagai Ketua Umum PSI inipun membuat Giring Ganesha resmi tak lagi menjadi Ketum partai, dan namanya pun trending di X.
 
Dan pengangkatan Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI ini sendiri faktanya direkomendasikan sendiri oleh Giring Ganesha, terang saja keputusan Giring itu jadi perbincangan publik hingga trending di media sosial.
 
"Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya. Di PSI kami diajarkan soal kolektifitas kerja, jabatan itu soal manajerial, namun beban kerja selalu dibagi bersama,” ujar Giring Ganesha, melansir keterangan resmi, Selasa (26/9/2023).  
 
Dan yang mengejutkan isu Kaesang menjadi Ketum PSI sudah diwacanakan dan didiskusikan sejak 3 bulan lalu.
 
“Karenanya sejak tiga bulan terakhir saya komunikasi intens dengan Mas Kaesang dan teman-teman di daerah. Semangatnya PSI harus lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 yang akan datang. Itu aspirasi semua kader di PSI,” tutur Giring.
 
Usainya menjabat sebagai Ketum PSI, Giring pun didapuk jadi Dewan Pembina DPP PSI. Pengangkatan Giring itupun diumumkan bersamaan dengan pengangkatan Kaesang menjadi Ketum PSI di acara Kopdarnas yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin, 25 September 2023.
 
Keputusan itu dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie dihadapan seluruh kader PSI.
"Surat Keputusan Dewan Pembina tentang pengangkatan Anggota Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia. Memutuskan, menetapkan, satu, pengangkatan Bro Giring Ganesha sebagai Anggota Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia atas jasa dan dedikasinya atas Partai Solidaritas Indonesia," tutur Grace, yang dilansir dari kanal YouTube Enam+, Selasa (26/9/2023).
 
Jabatan baru ini juga menjadi pertanyaan bagi publik, karena secara teknis Giring memiliki keleluasaan waktu, bahkan disebut-sebut Giring akan kembali lagi ke panggung musik.
 
Namun terlepas itu yang lebih membuat publik penasaran adalah ditunjuknya Kaesang menjadi Ketum di partai yang berlogo bunga mawar ini.
 
Putra bungsu Presiden RI, Jokowi ini hadir didampingi Erina Gudono, istrinya. Dalam acara Kopdarnas itu, Kaesang menyampaikan beberapa poin penting dalam pidatonya.
 
Salah satunya adalah mengangkat soal arah PSI dalam Pilpres 2024. Selama ini, PSI condong ke Prabowo, namun dalam pidatonya itu belum diputuskan arah resmi dukungan partai ke capres mana.
 
Namun yang jelas partai yang 'Jokowi banget' ini menekankan peran anak muda dalam politik Indonesia.
 
"Terima kasih yang amat sangat dalam pula, selain diterima sebagai anggota, saya pun didaulat menjadi nahkoda bagi bahtera bernama PSI ini. Kalau disebut kapal besar, rasanya kita masih menuju ke sana. Tapi saya yakin dan optimis, arus dan gelombang akan berpihak ke kita: 'ANAK MUDA'," kata Kaesang. (Adelina)

Leave a comment