Merebaknya Kasus DBD, Bidang P3PL Diskes Pontianak Optimalkan PSN

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Mengantisipasi penyebaran kasus DBD di Kota Pontianak, Kepala Bidang P3PL Diskes Pontianak Ridwansyah, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan masing-masing.

Untuk di Kota Pontianak, Ridwansyah mengatakan sudah dilakukan pemetaan per RT/RW untuk kasus DBD. Sehingga untuk kedepannya akan mudah dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Sejauh ini memang jika ada yang terkena kasus DBD, ketika ada laporan dari masyarakat kami segera meminta petugas untuk melakukan penyelidikan,” jelasnya pada Selasa (3/10/2023).

Ia menyebutkan, hampir 80-90 persen masyarakat di Kota Pontianak, sudah menjaga kebersihan tempat penampungan air minum.

“Hanya saja genagan air yang ada diluar rumah seperti tempat pot bunga yang berisikan air, ban-ban bekas, dan plastik sampah sering tidak dibuang, sehingga dapat memicu tempat sarang nyamuk,” jelasnya.

Selain itu, pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan bubuk abate pada tempat penampungan air, memperhatikan kebersihan dari lingkungan sekitar rumah.

Dinkes P3PL, terus berupaya melakukan langkah-langkah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dengan melakukan fogging di lingkungan rumah warga yang berdampak meningkatnya kasus DBD.

“Kita melakukan fogging ke rumah-rumah baik di luar maupun didalam rumah, untuk pemberantaasan telur dan larva nyamuk, dan jika tidak menjaga kebersihan lingkungan mungkin seterusnya nyamuk akan terus berkembang,” ungkapnya.

Ia mengajak, seluruh masyarakat, untuk turut peduli terhadap kebersihan lingkungan, dalam upaya pencegahan penyakit DBD melalui kegiatan PSN secara berkesinambungan.

“Saling mengigatkan untuk menjaga kebersihan, dengan melakukan gotong royong, saling berkerja sama di jamin DBD pasti aman,” tutupnya (Evi)***

Leave a comment