Bupati Paolus Hadi Buka Perayaan Meungkeut Kadeudeuh ke-4 Baraya Sunda

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Bupati Sanggau, Paolus Hadi membuka acara Meungkeut Kadeudeuh Ke-4 Baraya Sunda Tahun 2023 oleh Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau.

Kegiatan digelar pada Minggu, (8/10/2023) di Aula Hotel Harvey Sanggau.

Pualus Hadi mengatakan, sejak awal dilaksanakan pada tahun 2019 yang lalu acara Meungkeut Kadeudeuh semakin meriah.

Ini membuktikan bahwa Paguyuban Pasundan yang ada di Sanggau serius dan dan berkomitmen dalam melaksanakan dan melestarikan budaya masyarakat Sunda.

Ia melihat semakin jauh perkembangan acara Meungkeut Kadeudeuh ini dan juga sudah cukup meriah acaranya.

"Ini membuat saya bangga. Tidak mudah dalam membentuk sebuah kebersamaan dan itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi disebuah daerah yang mungkin bapak ibu datang di daerah (Sanggau) ini, ada yang juga lahir disini, ada juga berkarya karena tugas dan ada juga yang memang ingin tinggal di daerah ini," ungkapnya.

Ia melanjutkan, semua etnis dan kebudayaan yang ada di kabupaten Sanggau selalu di dukung oleh pemerintah kabupaten.

Sehingga setiap etnis bisa menampilkan, melestarikan dan memperkenalkan adat kebudayaan nya.

"Perlu saya sampaikan juga bahwa di Kabupaten Sanggau ini berbagai suku (etnis) bangsa, yang dimana Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat mensupport berkaitan dengan kegiatan budaya dari masing-masing etnis dan saya senang hari ini dari Etnis Pasundan bisa menampilkan apa yang menjadi budaya, adatnya," sambungnya.

Bupati dua periode itu menambahkan, ketika sudah menjadi orang Sanggau, tinggal dan hidup di Bumi Daranante (julukan kota Sanggau) masyarakat harus menjaga kekompakan dan kerukunan termasuk menghargai adat dan budaya setiap etnis yang ada di dalamnya.

"Menurut saya bahwa kekuatan bangsa ini berawal dari perbedaan-perbedaan kita, sehingga kita bisa menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika itu segala-galanya," kata PH sapaan akrab Bupati Sanggau itu. (ans)

Leave a comment