Kalise Smart Village Kampung Literasi Binaan PLN Kalbar Torehkan Sederet Prestasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kampung Literasi Selamat atau Kalise Smart Village binaan PLN Kalbar mewakili regional Kalimantan pada ajang Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2023.

Event ini digawangi oleh Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. Akan berlangsung pada tanggal 19-29 Oktober 2023 mendatang.

Beberapa waktu yang lalu, Kalise Smart Village yang bermarkas di Jalan Sultan Syarif Abdurrahman Gang Selamat 1, Pontianak Barat, juga mendapatkan penghargaan Perpustakaan Desa/Kelurahan Kategori Kemitraan dan Advokasi terbaik pada ajang Perpustakaan Nasional Award 2023.

Owner Kalise Smart Village, Menurut Annisa Maharani Nasran, mengatakan, banyak perubahan yang dirasakannya dalam mengelola kampung literasi sejak menjadi binaan program TJSL PLN.

"Berbagai prestasi yang kami dapatkan, baik di tingkat provinsi maupun nasional tidak terlepas dari dukungan dan pendampingan dari PLN," kata Annisa.

Kalise Smart Village menjadi binaan program TJSL PLN UID Kalbar sejak tahun 2020 lalu. Berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, seni budaya, pendidikan, kerohanian, dan lain-lain.

"Memang tidak mudah mengajak masyarakat untuk bergabung dalam kegiatan yang kami laksanakan, perlu kesabaran. Diawal merintis pembangunan Kalise, banyak tantangan yang dihadapi. Namun berkat dukungan PLN, upaya pengembangan Kalise terasa lebih mudah dan cepat," ujar Annisa.

Berikut daftar penghargaan yang telah berhasil diraih oleh Kalise Smart Village Pontianak:

- Mewakili Regional Kalimantan untuk Kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2023 (Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI x Forum TBM) digelar di Jakarta, 19-29 Oktober 2023;

- Perpustakaan Desa/Kel Kategori Kemitraan dan Advokasi Terbaik, Perpusnas Award Tahun 2023;

- Mewakili TP PKK Kota Pontianak Sebagai Program Unggulan Pilot Project Gemar Gembaca Galeri Pelangi Tingkat Provinsi Tahun 2023;

- Mewakili TP PKK Provinsi Kalimantan Barat Sebagai Program Unggulan Pilot Project Gemar Gembaca Galeri Pelangi Tingkat Nasional Tahun 2023;

- Juara I Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Kota Pontianak Tahun 2023.

- Juara I Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Kota Pontianak Tahun 2022.

- Juara III Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tingkat Kota Pontianak Tahun 2022.

- The Best Organizer Isu Pendidikan dari Aplikasi #Campaign For Change Tahun 2022.

- Perpustakaan FBI Kalise mengusung kampanye #MerdekaBersosialMedia yang berfokus pada Literasi Digital untuk Generasi Muda pada Tahun 2022.

- Juara II Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Kota Pontianak Tahun 2021.

- Juara II Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Kota Pontianak Tahun 2021.

"Hingga saat ini kami terus berkomunikasi dengan PLN untuk melakukan berbagai upaya pengembangan agar keberadaan Kalise dapat benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Kalimantan Barat, khususnya warga Kota Pontianak dan sekitarnya," imbuh Annisa.

Sementara itu, General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, mengatakan melalui program TJSL, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan berbagai upaya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, baik di bidang ekonomi, pendidikan, seni dan budaya, lingkungan hidup, kerohanian, dan lain-lain.

"Melalui berbagai program TJSL yang kami laksanakan, kami berharap dapat memberikan banyak manfaat bagi  masyarakat di Kalimantan Barat," tutur Jatmiko.

Diakuinya, sejak menjadi binaan PLN, Kalise Smart Village memang banyak meraih berbagai prestasi dan penghargaan, sehingga mampu mengharumkan nama daerah Kalimantan Barat.

"Kami hanya berupaya menggali potensi yang ada ditengah-tengah masyarakat lalu mencoba untuk memberdayakannya sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup mereka," pungkas Jatmiko.

Ia berharap, ke depan akan semakin banyak kampung-kampung literasi seperti kalise yang tumbuh di Kalimantan Barat.

Sehingga mampu membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan literasi masyarakat dan tentunya akan mendampak positif bagi lingkungan serta masyarakat itu sendiri.***

Leave a comment