Festival Saprahan, Ajang Melestarikan Adat Makan Melayu Kota Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Festival Saprahan merupakan salah satu rangkaian kegiatan, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pontianak ke-252.

Festival saprahan ini digelar oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak, bertempat di Aula Kantor Camat Pontianak Barat, pada Rabu (18/10/2023).

Masing-masing kelurahan, menampilkan cara penyajian makanan sesuai dengan adat melayu Pontianak. Mulai dari persiapan menghidangkan hingga akhir dari memberi makan.

Berbagai sajian makanan khas melayu Kota Pontianak, yang dihidangkan lengkap mulai dari nasi hingga lauk-pauk beserta makanan penutup lainnya.

Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menyampaikan, selain merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun Kota Pontianak, juga sebagai kegiatan melestarikan adat dan kebiasaan makan khususnya melayu Kota Pontianak.

“Memang ada nilai filosofinya, pertama yang pasti bagaimana duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Jadi tidak ada yang dibedakan,” ungkapnya.

Selain sebagai ajang melestarikan budaya, menurutnya kegiatan ini tentunya menambah ikatan silaturahmi antar sesama.

“Jadi memang itu salah satu nilai sosialnya, dan kemudian nilai silahturahmi. Dan yang paling penting adalah melestarikan adat,” jelasnya.

Menu-menu yang disajikan pun ada beragam, mulai dari daging kemudian pacri nanas, acar telur dan selada mentimun, yang merupkan menu khas melayu Kota Pontianak.

“Kadang juga ada inovasinya ditambah dengan ikan, tergantung lagi dari pihak yang mengadakan,” tutupnya. (Evi)***

Leave a comment