PLN Kalbar Sukses Gelar Gebyar UMKM di Sintang, akan Jadi Agenda Tahunan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SINTANG, insidepontianak.com - PLN Kalbabsr sukses menggelar event Gebyar UMKM di Kabupaten Sintang dengan menggandeng pelaku usaha binaan BUMN.

Kegiatan itu berlangsung di Lapangan Indoor Apang Semangai, Jalan Stadion Sintang, pada Sabtu (14/10/2023).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sintang, Arbudin memuji kegiatan ini. Bagianya, Gebyar UMKM yang digelar PLN menjadi wadah pelaku usaha mempromosikan produk mereka.

Karena itu, ia ingin kegiatan ini menjadi agenda tahunan. Disperindag Sintang siap berkolaborasi untuk mendukung penyelenggaraan program ini di tahun berikutnya.

"Melihat antusiasme masyarakat dan para pelaku usaha yang hadir dalam event Gebyar UMKM ini, kami berkomitmen untuk menjadikan event ini menjadi agenda rutin tahunan di Kabupaten Sintang," kata Arbudin.

Diakuinya, kerja sama yang terjalin secara pentahelix antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Rumah BUMN binaan PLN, serta perusahaan-perusahaan swasta tentunya akan berdampak positif secara meluas bagi para pelaku UMKM.

General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan usaha para pelaku UMKM di Kalbar, dengan berbagai program pembinaan serta pendampingan usaha lewat Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Sebagai perpanjang- tanganan Pemerintah, PLN memiliki kewajiban untuk mendukung program-program Pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat," tutur Jatmiko.

Ia juga menegaskan bahwa selain menjalankan amanah pemerintah dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, PLN juga memiliki misi sosial dalam memberdayakan potensi yang ada di masyarakat.

"Dalam menjalankan misi sosialnya, tentunya PLN tidak dapat bekerja sendiri, kami butuh dukungan dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar program TJSL yang dijalankan dapat mencapai hasil yang maksimal," imbuh Jatmiko.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPPM Sapta Karya Mandiri, Suherman, mengatakan bahwa kegiatan Gebyar UMKM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Ulang Tahun UMKM ke-8 Tahun 2023.

Selain menggelar Bazaar produk yang diikuti oleh 61 pelaku UMKM di Sintang dan Sekadau, kegiatan sehari ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti senam bersama, hiburan marching band, donor darah, talkshow , dan fashion show produk-produk UMKM.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM dapat dikenal lebih luas, baik ditingkat lokal, nasional, bahkan hingga ke manca negara," pungkas Suherman.***

Leave a comment