Wakil Ketua DPRD Kayong Utara Abdul Samad Dorong Pemda Fokus Tingkatkan IPM

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kayong Utara, Abdul Samad, dorong pemerintah genjot pembangunan SDM. Agar, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM di Kayong Utara bisa meningkat.

"Karena kita ketahui, SDM kita masih tergolong rendah, sehingga ini juga berdampak dengan lambannya perkembangan daerah di segala lini,” ucap Samad, Kamis (9/11/2023).

Oleh sebab itu, ke depan, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara diharapkan juga pada program-program peningkatan SDM.

“Kita harapkan apa yang menjadi fokus pemerintah dalam peningkatan IPM ini, akan memberikan dampak kepada kualitas SDM kita di Kayong Utara," tutur Samad.

Menurutnya, peningkatan IPM bisa dilakukan lewat program-program pendidikan. Misalnya memberikan pendidikan gratis dan beasiswa perguruan tinggi sebagaimana yang telah di lakukan.

"Ini program sudah sangat tepat dan kita harapkan program tersebut dapat terus berjalan, dan kita (DPRD) sangat mendukung hal itu," katanya.

Peningkatan SDM juga menjadi kunci mencegah angka pengangguran. Sebab, dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan, anak-anak muda dapat berkreativitas dan membuka lapangan kerja sendiri.

"Kita harap ilmu yang didapat anak-anak kita yang belajar di luar dapat meningkatkan daya saing, bisa memandang setiap potensi di daerah. Karena selama ini mindset masyarakat kita, bekerja yang menjanjikan itu harus bekerja kantoran, menjadi PNS. Padahal banyak orang sukses jalurnya dibisnis dan usaha lain,” tuturnya.***

Leave a comment