Cerita Robby Sugianto, Sempat Dilarang Ortu ke Dunia Politik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Memulai karir sebagai seorang pengusaha di usia muda, kiprah Robby Sugianto sebagai anggota DPRD Sanggau jadi inspirasi bagi anak-anak muda.

Sempat di larang orang tua ia teguh bertahan dan mengabdi kepada masyarakat lewat jalur politik.

Robby Sugianto mengatakan, dulunya ia bercita-cita menjadi seorang pengusaha sukses hingga berkuliah sampai ke negeri jiran Malaysia.

Setelah selesai studi, tekadnya semakin kuat demi membantu masyarakat yang kekurangan di daerahnya.

"Setelah selesai studi, kemudian pulang kembali ke Sanggau ini. Saya melihat kondisi masyarakat kita sangat jauh berbeda sekali dibandingkan dengan di Malaysia. Sangat banyak sekali kekurangan, sehingga saya bertekad jadi pengusaha yang sukses dan kemudian membantu banyak masyarakat kita," kata Robby.

Berjalannya waktu, ia mengungkapkan, di usianya yang masih muda ia menyadari jika menjadi seorang pengusaha tidak bisa berbuat banyak untuk membantu masyarakat. Sehingga diusia mudanya ia memilih jalur politik untuk membantu masyarakat lebih luas.

"Ketika saya masuk dalam dunia politik, saya bisa membuat aturan dan saya bisa membantu orang banyak tanpa menggunakan uang saya. Kemudian, saya bisa memperjuangkan dan ikut menyuarakan hak-hak masyarakat secara lebih luas, sesuai dengan aturan yang ada di negara kita," ujarnya bercerita.

Robby mengatakan, saat awal-awal terjun ke dunia politik pihak keluarga sempat menentang. Walaupun demikian, dengan bermodalkan pengetahuan yang di miliki dan sumber dana yang apa adanya, serta termotivasi dari berbagai tokoh nasional, tekat nya tak berubah untuk masuk dunia politik.

"Saya sudah masuk partai Gerindra tahun 2012, pada saat usia saya 20 tahun lebih. Lalu, pada 2014 saya mencalonkan diri dan terpilih sebagai calon Anggota DPRD Sanggau dari partai Gerindra periode (2014-2019). Saat itu posisi saya sebagai ketua PAC.

Robby, yang sudah dua periode duduk di DPRD Sanggau merasa, saat jadi wakil rakyat hatinya merasa lebih bahagia, karena bisa membantu banyak konsituennya. Ketimbang, saat ia menjadi seorang pengusaha.

"Sudah dua periode jadi anggota dewan melayani masyarakat, saya merasa jauh lebih puas dan bahagia, dibanding saya menjadi pengusaha di waktu dulu. Sampai saat ini, saya yakin dan percaya memang panggilan hidup saya ya di dunia politik," ujarnya.

Kedepan, pada Pemilu 2024. Robby akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sanggau di Dapil III (Parindu, Tayan Hulu dan Balai). Ia optimis bisa memenangkan hati masyarakat. (ans)

Leave a comment