Reses di Desa Segedong, Tony Dengar Curhat Petani Soal Kelangkaan Pupuk Subsidi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Sabirin, petani di Desa Segedong, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas tak kuasa lagi menahan sakit hatinya. Kelangkaan pupuk subsidi yang sudah berlangsung lama membuatnya sebagai petani tercekik. Para petani tak mampu memenuhi kebutuhan pupuk.

Akhirnya Sabirin mengadu kepada anggota DPRD Kalbar, Tony Kurniadi yang kebetulan reses Rabu (1/11/2023).

Kepada Tony, Sabirin mengaku petani sangat kesusahan akibat kelangkaan pupuk subsidi. Mereka tak mampu memenuhi kebutuhan pupuk karena untuk pupuk non subsidi mahal harganya.

"Mau beli pupuk non subsidi harganya mahal," kata Sabirin.

Akhirnya petani pasrah. Kondisi ini sangat tidak baik bagi hasil panen. Alhasil sebagian petani di Segedong Kabupaten Sambas ini pun merasakan gagal panen.

"Kami minta solusi pemerintah mengatasi ini," terangnya.

Sementara itu, Usman tokoh masyarakat yang lain berharap pemerintah memfasilitasi sarana prasarana untuk produk unggulan pertanian di desanya.

Kepala Desa Segedong, Yendi mengucapkan terima kasih kepada Tony Kurniadi yang bersedia melakukan reses di desanya. Ia juga memuji kiprah Tony dalam mengawal pembangunan.

Ia berharap, Tony konsisten mengawal pembangunan yang ada di Sambas. Melalui reses ini seluruh aspirasi masyarakat dapat diperjuangkan.

Mendegar aspirasi warga itu, Anggota DPRD Kalbar, Fraksi PAN, Tony Kurniadi memastikan, akan mengawal seluruh aspirasi masyarakat kepada pemerintah terkait, sesuai kewenangan masing-masing.

Jika kewenangan Pemprov Kalbar, aspirasi akan disampaikan ke Dinas terkait melalui rapat kerja bersama OPD terkait. Sementara jika kewenangan Kabupaten maka akan dikoordinasikan dengan stake holder terkait.

“Mudah-mudahan, seluruh aspirasi masyarakat ini dapat ditindak lanjuti, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat bisa tercapai,”pungkasnya (Andi). ***

Leave a comment