Pemkab Sinergi Cegah Wabah Penyakit menular di Wilayah Pintu Masuk Pelabuhan Teluk Melano

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan (Asisten I) Setda Kabupaten Kayong Utara Nazril Hijar secara resmi membuka pertemuan persiapan penyusunan dokumen rencana kontijensi penanggulangan potensi wabah penyakit menular di Wilayah Pelabuhan Teluk Melano Kabupaten Kayong Utara, Rabu (6/12/2023).

Nazril mengungkapkan, Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Kayong menyambut baik dipilihnya Pelabuhan Teluk Melano yang berlokasi di kecamatan Simpang Hilir sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

Menurut Nazril, dengan terbukanya Pelabuhan Teluk Melano yang menjadi salah satu pintu masuk di Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Kayong, maka tidak ada alasan bagi pihaknya untuk tidak menerima tamu-tamu dari luar negeri, atau mempermudah transportasi tenaga kerja daerah untuk keluar masuk bekerja ke negara lainnya.

"Kita tidak pernah tau apa yang mereka bawa, entah itu penyakit atau faktor risiko lainnya yang dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya kejadian luar biasa," katanya.

Harus diingat dan sadari jika daerah akan semakin maju, bukan tidak mungkin selain penyakit yang terbawa oleh arus orang yang masuk dan keluar. Hal lain seperti bioterorisme dan nubika (nuklir, biologi dan kimia).

"Oleh karena itu, perlu adanya upaya antisipasi bagi kita untuk menjaga daerah kita dan NKRI ini, Mudah-mudahan ke depan daerah kita tetap aman," ungkap Nazril.

Untuk itu, kata Nazril, kewaspadaan dan kesiapsiagaan nasional dalam penanggulangan potensial wabah, memerlukan komitmen kuat seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat termasuk kalangan swasta dan dunia usaha.

"Setiap provinsi, kabupaten, kota memerlukan kebijakan penanggulangan penyakit menular yang potensial wabah yang didukung kapasitas yang memadai dan sumberdaya, sarana, prasarana yang mencukupi," ujarnya.

"Untuk itulah adanya kegiatan seperti ini penting untuk kita cermati bersama, apalagi bagi pelaku atau petugas yang bergelut langsung di lapangan," tambah Nazril. (Fauzi)

Leave a comment