Sinyal Internet Belum Merata, Komisi III DPRD Sanggau Kunjungi Diskominfo Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, Insidepontianak.com - Keberadaan sinyal internet yang belum merata menjadi perhatian Komisi III DPRD Sanggau. Untuk itu, mereka pun langsung berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar).

Artinya, sebagai salah satu kabupaten yang luas di Kalbar, Sanggau membutuhkan sinyal internet yang mumpuni. Dan, Komisi III DPRD Sanggau ingin mencari solusi yang tepat dan cepat.

Adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Kalbar yang menjadi tujuan. Komisi II DPRD Sanggau ingin ada sinergi yang jelas antara provinsi dan kabupaten.

Melanir kalbarprov.go.id, Kamis (7/12/2023), kunjungan kerja ke Diskominfo Kalbar itu langsung dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD Sanggau, Toni SH.

Pada kunjungan yang digelar pada September lalu tersebut, Komisi III DPRD Sanggau memang ingin berdiskusi soal penyebaran sinyal internet yang belum merata di wilayah Kabupaten Sanggau.

"Sebagian daerah (malah) ada yang masih belum ada sinyal internetnya," tegas Toni di hadapan pihak Diskominfo Kalbar.

Seperti diketahui, sinyal internet adalah sesuatu yang sangat penting di dunia yang serba digital seperti saat ini. Artinya, penyebaran informasi untuk menunjang pembangunan menjadi mutlak.

Memang, Kabupaten Sanggau bisa dikatakan sebagai salah satu wilayah yang luas di Kalbar. Kabupaten ini memiliki luas 12.857,80 kilometer persegi.

"Sedikit gambaran bahwa, wilayah kabupaten Sanggau sangat luas, ada 169 desa dan 15 kecamatan," tambah Toni.

Namun, hal itu bukanlah masalah besar. Pasalnya, dengan sinergi yang baik antara provinsi dan kabupaten, tentu solusi terbaik bisa didapat.

Ya, kunjungan tersebut sejatinya bertajuk koordinasi masalah kegiatan yang masuk ke Kabupaten Sanggau untuk tahun anggaran 2023 dan progres kegiatan pada 2024.

"Untuk itu dalam kesempatan ini kami berdiskusi bersama Diskominfo Kalbar terkait jaringan telekomunikasi yang ada,” ujar Tomi.

Komisi III DPRD Sanggau berharap dengan adanya koordinasi itu nantinya akan lebih memudahkan komunikasi dalam hal yang dimaksud. Pun berharap jika ada program yang akan dilaksanakan Diskominfo Kalbar, dapat berkoordansi dengan daerah yang dimaksud.

“Hal ini bertujuan agar program yang akan diadakan dapat berkesinambungan antara kabupaten dan provinsi,” jelas Ketua komisi III DPRD Sanggau itu.

Kunjungan kerja Komisi III DPRD Sanggau tersebut disambut langsung Plh Kepala Diskominfo Kalbar, Maria Wijayanti. Dalam kesempatan itu sang kepala dinas pun menerangkan segala hal yang perlu diketahui DPRD Sanggau.

“Kita sudah menjelaskan semua kepada Komisi III DPRD Sanggau terkait apa yang sudah dan akan dilakukan, termasuk juga tugas dan wewenang yang melekat pada kita di Diskominfo Kalbar," jelasnya.

Tidak ketinggalan Maria Wijayanti mengaku siap bekerja sama dengan Kabupaten Sanggau. "Adapun hal yang nantinya perlu kita koordnasikan kembali akan kita tindak lanjuti dan kita jalani sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujar Maria Wijayanti.

Sebagai informasi, dalam pertemuan itu Maria Wijayanti ditemani kepala bidang Informasi Publik, Aptika, Komunikasi Publik, serta Persandian dan Statistik. (REDAKSI). ***

Leave a comment