Ini Dia Dua Anggota DPRD Sanggau yang Masuk Melalui Jalur PAW

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, Insidepontianak.com - Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota dewan di DPR RI, DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten/Kota adalah hal yang wajar, begitu juga di DPRD Sanggau.

Pada periode 2019-2024, DPRD Sanggau setidaknya melakukan dua kali PAW anggota dari Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

PAW dilakukan karena ada dua anggota DPRD Sanggau yang berhalangan tetap. Keduanya meninggal dunia dan harus digantikan sesuai dengan undang-undang.

Melansir kabar.sanggau.go.id, Sabtu (9/12/2023), kedua anggota DPRD Sanggau yang mauk melalui jalur PAW adalah Titik Erni Kurniah dan Yunita.

Keduanya diambil dari Daftar Calon Pengganti (DCT) DPRD Sanggau yang berasal dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama yang menduduki peringkat suara terbanyak berikutnya.

Nah, berikut sosok dan penjelasan proses PAW yang dimaksud:

  1. Titik Erni Kurniah
    Politisi dari PPP ini menggantikan Haji Samiun yang meninggal pada 6 Mei 2022. Titik Erni Kurniah dilantik sebagai anggota dewan pada 12 Desember 2022.

Pelantikan digelar di Lantai III Gedung DPRD Sanggau dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi, beserta kedua wakil ketua yakni Timotius Yance dan Acam.

Selain itu hadir juga Bupati Sanggau Paolus Hadi, seluruh anggota DPRD Sanggau, Forkompimda, serta Kepala OPD.

Haji Samiun adalah Anggota DPRD Sanggau periode 2019-2024. Ia meninggal dunia karena sakit. Haji Samiun terpilih menjadi anggota dewan dari PPP Dapil 1 Kapuas dan anggota fraksi Amanat Persatuan.

Semasa hidup, Haji Samiun adalah anggota Komisi III yang membidangi pekerjaan umum, tata kota, kebersihan, pertamanan, perhubungan, pertambangan, perumahan rakyat, lingkungan hidup, ilmu pengetahuan/teknologi, pembangunan, dan penangulangan bencana.

  1. Yunita
    Politisi dari Golkar ini menggantikan Arkadius Mungpin yang meninggal dunia pada 14 April 2023. Yunita dilantik sebagai anggota dewan pada 30 Agustus 2023.

Pelantikan digelar di Lantai III Gedung DPRD Sanggau dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi, beserta kuedua wakil ketua yakni Timotius Yance dan Acam.

Selain itu hadir juga Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Shopiar Juliansyah yang mewakili Bupati Sanggau, Anggota DPRD Sanggau, Forkompimda, serta Kepala OPD.

Arkadius Mungpin adalah Anggota DPRD Sanggau periode 2019-2024. Ia meninggal karena kecelakaan di Kucing, Malaysia. Arkadius Mungpin terpilih menjadi anggota dewan dari Golkar Dapil 2 dan anggota Fraksi Golkar.

Semasa hidup, Arkadius Mungpin adalah anggota Komisi IV yang membidangi agama, sosial, ketenagakerjaan, kebudayaan dan adat istiadat, pendidikan, organisasi kemasyarakatan, serta pemuda dan olahraga.

Meliputi juga bidang teknologi dan ilmu pengetahuan, kesehatan dan KB, pemberdayaan perempuan, transmigrasi/mobilitas penduduk, perlindungan anak, serta penanganan bencana. (REDAKSI). ***

Leave a comment