Ketua Komisi IV DPRD Sanggau Sayangkan Pendaftar PPPK Guru Jalur Khusus Minim Peminat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, Insidepontianak.com – Ketua Komisi IV DPRD Sanggau, Bambang Joko Winayu menyoroti pendaftar PPPK Guru jalur khusus yang sepi peminat.

Padahal, ini menjadi kesemapatan bagi guru-guru senior, yang sudah menagbdi di atas 3 tahun terdaftar di Dapodik untuk menjadi pegawai PPPK.

Karena itu, ia menyayangkan, kesempatan ini justru tak dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

“Kita tidak tahu, apa kendala sebenarnya di lapangan yang dialami para guru-guru senior ini,” ujar Bambang Joko Winayu.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran PPPK Guru jalur khusus di Kabupaten Sanggau sudah dibuka sejak 19-29 September 2023.

Karena sepi peminat, maka pemerintah setempat melakukan perpanjangan hingga 3 Oktober 2023. Namun, sampai jadwal pembukaan pendaftaran itu ditutup, peserta juga belum maksimal.

Padahal menurut Bambang, rekrutmen PPPK Guru jalur khusus ini memberikan kemudahan-kemudahan bagi peserta untuk menjalani tes.

“Untuk jalur khusus ini agak Istimewa,” ujarnya.

Sebab tidak sistem tesnya tidak lagi menggunakan uji kompetensi secara passing grade. Artinya sistem penialainnya tidak CAT murni.

“Tapi CAT-nya itu secara perangkingan. Jadi, sangat disayangkan jika guru yang sudah terdaftar di Dapodik di atas 3 tahun tersebut, tidak memanfaatkannya,” ucapnya.

Sebagai informasi, Formasi PPPK khusus Guru yang diberikan Kemendikbudristek untuk Pemkab Sanggau tahun ini berjumlah 1.822.

Terdiri dari guru kelas 868, guru agama islam 113, guru agama khatolik 182, guru agama kristen protestan 133, guru bahasa indonesia 51, guru bahasa inggris 35, guru bimbingan konseling 70, guru IPA 46, guru IPS 38, guru Matematika 21, guru Penjas 97, guru PKN 32, dan guru Pra Karya 16.***

Leave a comment