Prof Hudi: Kesadaran Jadi Kunci Percepatan Peningkatan IPM Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Biro Urusan Luar Negeri PGRI Provinsi Kalbar, Prof Zaenuddin Hudi Prasojo mendorong pentingnya kesadaran orang tua terhadap pendidikan.

Sebab, mindset yang dibangun selama ini, menempuh pendidikan sekolah hanya untuk bekerja. Padahal, peran pendidikan lebih dari itu.

Tujuan utama pendidikan adalah memberikan bekal ilmu kepada anak, supaya kelak punya kapasitas dan berdaya saing.

"Kita sekolah harusnya agar punya pengetahuan dan punya kapasitas," kata Zaenuddin Hudi Prasojo saat Dialog Publik yang digelar IKA PPKn-IKIP-PGRI Pontianak yang mengangkat tema: Kontribusi Pendidikan dalam Percepatan Peningkatan IPM Kalbar, Selasa (19/12/2023).

Hudi mengatakan, pendidikan adalah proses kontinu yang dilakukan tanpa batas waktu dan merupakan kebutuhan dasar manusia.

"Kenapa banyak tantangan? Karena dasar dari pendidikan belum sampai, anak sekolah, bapak dan ibunya harus diberikan kesadaran," ucapnya.

Menurut Hudi, rukun dari pendidikan adanya belajar mengajar dan ada yang dipelajari. Karena itu, masyarakat tidak perlu menuntut macam-macam terkait pendidikan.

Ia mencontohkan perjuangannya dulu, belajar dengan gedung tua, dan tak menggunakan sepatu. Tapi, ia bisa berjuang menjadi profesor dalam usia yang masih muda.

Karena itu, membangun kesadaran menjadi penting, agar konsep  belajar sepanjang hayat itu dapat dimiliki masyarakat. Sehingga berdampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM.

"Karena itu, mulai dari diri kita tumbuhkanlah kesadaran bahwa pendidikan utama. Hidup tanpa pendidikan hampa. Kita harus menyatakan kita harus the best seperti visi IKIP-PGRI Pontianak," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment