Herzaky Ajak Pemuda Sukseskan Pemilu 2024, Gunakan Hak Pilih Sesuai Nurani

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tokoh pemuda nasional asal Kalbar, Herzaky Mahendra Putra menyebut keterlibatan anak muda dalam demokrasi sangat penting.

Karena itu, dia mengajak anak muda menyukseskan pesta demokrasi langsung pada 14 Februari 2024, dengan memilih pemimpin sesuai hati nurani.

"Makanya 14 Februari gunakan hak pilih kawan-kawan, dan pilih Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD kabupaten kota sesuai hati nurani," kata Herzaky Mahendra Putra dalam kegiatan dialog bertajuk: 'Anak Mude, Ngagak Herzaky', Jumat (26/1/2024). Kegiatan itu, juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Insidepontianak.com.

Menurut Herzaky, pesta demokrasi memerlukan partisipasi semua pihak. Sebab, hasil demokrasi akan menentukan ke mana arah masa depan bangsa Indonesia ke depan. Sebab, mereka yang terpilih akan jadi wakil rakyat yang memperjuangkan kepentingan daerah dan bangaa kedepan.

"Makanya generasi muda mesti melek politik," kata Herzaky.

Caleg Demokrat DPR RI dapil Kalbar 1, melanjutkan, anak muda khususnya mahasiswa punya tanggung jawab akademis dan tanggung jawab sosial. Salah satunya memastikan bandul demokrasi selalu berada di tengah dan on the track, sehingga tak ada penyimpangan.

Menurutnya, kekuatan anak muda sendiri terletak pada sikap kritis dan punya kepedulian terhadap kondisi sekitarnya. Mereka dikenal kritis terhadap kebijakan pemerintah, punya spirit, inovasi dan kreativitas.
Bahkan, anak muda saat ini cenderung punya aktivitas di media sosial yang dapat mempengaruhi opini publik.

Dalam konteks Pemilu 2024, ada 60 persen anak muda dari 190 juta jumlah pemilih yang bakal menggunakan hak pilihnya. Untuk itu, keterlibatan pemuda dalam demokrasi jadi penting. Mahasiswa harus punya kepedulian.

"Kalau teman-teman tidak peduli, maka teman-teman membiarkan negara ini dipimpin oligarki," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment