Dewan Pontianak Zulfydar Dukung Pembangunan Rumah Adat Jawa di Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar mendukung rencana Paguyuban Jawa Kalimantan Barat, untuk mendirikan rumah adat jawa, Joglo.

Rumah adat jawa tersebut, direncanakan dibangun tahun 2024 di Kota Pontianak. Lokasinya di Jalan Harapan Jaya.

Menurut Zulfydar, hadirnya rumah adat menjadi wadah untuk aktivitas budaya. Sama seperti rumah adat Melayu, Dayak, dan Bugis.

"Suku Melayu sudah ada, Dayak juga sudah ada. Saya pikir Jawa juga harus ada sebagai wadah aktivitas budaya dan tempat silaturahmi masyarakat jawa," kata Zulfydar Zaidar Mochtar usai bersilaturahmi dengan Paguyuban Jawa Kalbar.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Pontianak ini juga optimis hadirnya rumah budaya Jawa di Kota Pontianak dapat menjadi perekat persatuan masyarakat Jawa di Kota Pontianak.

"Kita berharap pembangunannya segera dirilis dalam rangka untuk kontribusi masyarakat dalam pembangunan rumah budaya. Memang tak bisa sendiri pembangunan ini, harus semua masyarakat yang cinta budaya," terangnya.

Sekretaris Paguyuban Jawa, Edi Suhairul mengatakan, rancangan pembangunan rumah budaya jawa di Kota Pontianak sudah ada. Bahkan, lahanya pun sudah disiapkan di Jalan Harapan Jaya.

"Memang sedang proses (pembangunan) baik dari proses perizinan IMB dan lainnya," kata Edi Suhairul.

Karena itu, dia berharap dukungan legislatif dan eksekutif mendukung pembangunan rumah budaya tersebut. "Rumah budaya ini akan digunakan warga jawa Pontianak untuk malakukan aktivitas budaya jawa," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment