Antisipasi Petugas KPPS Kelelahan, Pemprov Kalbar Siagakan Fasilitas Kesehatan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, memastikan telah menyiagakan fasilitas kesehatan dan tenaga medis untuk melayani petugas Kelompok Penyelengga Pemungutan Suara atau KPPS yang mengalami sakit atau kelelahan saat bertugas di Pemilu 2024.

Langkah ini dilakukan Pemerintah Provinsi Kalbar, untuk meminimalisir resiko yang tak diinginkan saat Pemilu.

Sebagaimana diketahui, pada Pemilu 2019, tercatat sebanyak 894 petugas Pemilu se-Indonesia yang meninggal dunia akibat kelelahan. Tak hanya itu, 5.175 petugas juga tercatat mengalami sakit.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson memastikan, H-2 pencoblosan, tak ada kendala yang dihadapi KPU. Menurut Harisson, KPU dan Bawaslu terus bekerja dengan baik untuk suksesnya Pemilu 2024.

Kerja KPU dan Bawaslu itu, juga didukung TNI-Polri, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, dalam pendistribusian logistik.

"Saya tadi sudah menekankan agar fasilitas kesehatan dan nakes benar-benar siaga pada 14 Februari 2024 nanti, dan hari-hari selanjutnya," kata Harisson kepada Insidepontianak.com, Senin (12/2/2024).

Menurut Harisson, penyiagaan fasilitas kesehatan menjadi penting dalam Pemilu 2024, tujuannya untuk melayani petugas KPPS dan personel pengamanan yang kelelahan.

"Kemungkinan petugas KPPS ada yang kelelahan, sakit. Nah, ini harus dibantu secara sungguh-sungguh oleh seluruh fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kalimantan Barat," ucap Harisson.(andi)***

Leave a comment