Pj Bupati Sanggau Hadiri Perayaan Cap Go Meh 2024

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Perayaan Imlek 2575 dan Festival Cap Go Meh 2024 oleh Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) Sanggau bawa pesan pentingnya kebersamaan.

Cap Go Meh merupakan hari ke 15 atau hari terakhir dalam perayaan imlek. Dalam kepercayaan masyarakat tionghua tahun 2024 yang merupakan tahun shio Naga Kayu melambangkan kekuatan, kemakmuran, keberuntungan, dan penuh dengan kesuksesan.

Pj Bupati Sanggau, Suherman menyampaikan bahwa keberagaman dan kebudayaan dari setiap etnis terus mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

"Hari ini dengan suka cita kita hadir bersama diacara ini dan mari kita rawat kebinekaan dan suasana harmonis," kata Suherman.

Bukan hanya sekedar perayaan belaka, Suherman berharap dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh jadi momentum untuk refleksi untuk memperkuat persaudaraan di tengah perbedaan.

"Dalam suasana perayaan ini, pelajaran beharga yang bisa kita ambil adalah tentang pentingnya kebersamaan dan persaudaraan yang harus diperkuat terus," katanya.

Plh Ketua DPD MABT Sanggau, Gidion dalam sambutannya mengungkapkan, rasa terima kasih yang mendalam kepada pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan acara kebudayaan bagi masyarakat tionghua Sanggau.

"Saya berterima kasih kepada Pemda Sanggau melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memfasilitasi kegiatan perayaan imlek tahun ini," ujar Gidion dalam sambutannya.

Ia berharap, masyarakat tionghua Sanggau bisa tetap hidup harmonis dan berdampingan dengan masyarakat dengan latar belakang berbeda, yang ada di Bumi Daranante.

"Saya berharap warga tionghua Sanggau boleh kita bersama-sama maju. Bersama pemerintah Kabupaten Sanggau menciptakan masyarakat adil makmur, hidup rukun dan damai," harapnya.

Tanpa arak-arakan dijalan, acara dipusatkan di Halaman Parkir Komplek Rawa Bangun Sanggau. Acara dilakukan selama satu hari dari pukul 09.00 pagi sampai 22.00 malam.

Selain atraksi Tatung, Naga dan Barongsai khas budaya tionghua, ada berbagai macam lomba yang disiapkan panitia. Selain itu, terdapat juga berbagai stand makan dan minuman dari umkm yang memeriahkan acara tersebut. (ans)

Leave a comment