Jumadi: Masyarakat Sanggau Sudah Dewasa Dalam Berdemokrasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Jumadi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan pesta demokrasi.

Terutama dalam pemilu dan menunaikan hak konsti konstitusional dalam berdemokrasi dengan arif, bijaksana dan damai.

Hal tersebut diungkapkan Jumadi saat menghadiri undangan pembukaan kegiatan rekapitulasi hasil perhitungan tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sanggau di gedung DPRD Kabupaten Sanggau.

“Terima kasih kepada masyarakat kedapa masyarakat Sanggau sudah melaksanakan pesta demokrasi yang baik sampai final penghitungan suara di PPK dan Dan hari ini tahapan masih berjalan kita sama-sama menunggu hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten,” ucap Jumadi saat diwawancarai seusai kegiatan.

Menurut Jumadi pelaksanaan pemilu tahun ini lebih menggembirakan dari tahun sebelumnya sebab hampir tidak ada perselisihan yang berlebihan dan menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

Dalam pelaksanaan pemungutan suara juga tidak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Seperti diketahui di tahun 2019 yang lalu isu polarisasi dan perselisihan di tengah-tengah masyarakat karena berbeda pilihan politik mengakibatkan sikap intoleran yang menguat di tengah-tengah masyarakat dan jadi ancaman persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai bangsa.

“Artinya masyarakat sudah sangat baik santun aman menjaga keamanannya, tidak ada keributan,”

Kedewasaan dalam proses demokrasi langsung di Indonesia menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan pemilu dan menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa dari tingkat nasional hingga ke daerah yang memiliki kualitas integritas dan sesuai dengan harapan masyarakat. (ans)

Leave a comment