Ramadhan Bertabur Kuliner Khas Pontianak, Berikut 9 Jajanan Jadul Tradisional yang Banyak Diburu

13 Maret 2024 14:21 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bulan Ramadhan bulan penuh berkah. Bulan penuh ampunan dan banyak amal berkumpul dengan menahan hawa nafsu, termasuk soal makan memakan. 

Bicara kuliner trandisional dan khas, Kota Pontianak juaranya. sangat tradisional dan jadul yang sulit ditemukan, kecuali dengan nama unik di Kota Pontianak.

Pada bulan Ramadhan ini, banyak kuliner khas Pontianak paling banyak dicari. Mulai kue rasa manis, rasa asin hingga gutih dan renyah paling diburu. 

Apa saja kuliner khas Pontianak yang paling rekomended? Baca sampai habis artikel berikut ini karena mimin akan membagikan 9 jajanan jadul yang mudah ditemukan di bulan Ramadhan.  

Pasalnya, selain bulan Ramadhan banyak jajanan unik dan khas Pontianak sulit ditemukan, terutama yang tak akrab di telinga netizen, seperti batang burok dan cengkarok. 

Berikut 9 jajanan jadul Pontianak yang langka dipasaran tapi laris manis di bulan Ramadhan.

1. Cengkarok 

Cengkarok biasa disebut juga dodol, karena proses dan bahannya hampir menyerupai dodol. Cengkalok terbuat dari ketan hitam. Kuliner satu ini merupakan cemilan tradisional asli dari Kota Pontianak. 

Meski jarang ditemukan tapi saat ini Cengkarok bisa dibeli di sejumlah platform online dengan ukuran dan harga beragam serta variatif. 

2. Sempret

Kue Sempret termasuk salah satu yang unik. Uniknya tak hanya dari rasanya saja tapi biasanya selalu hadir dalam acara Khatamul Qur'an dan pernikahan.

Rasanya yang manis dan tekstur yang terasa berpasir membuat kue yang satu ini sangat cocok ditemani secangkir kopi dan teh, terutama di sore hari.

3. Rotikap

Kue satu ini disebut Rotikap. Kue yang punya rasa manis yang berbentuk seperti daun. Kue rotikap juga sering ditemui dalam bentuk bulat pipih. Adatnya, Rotikap ini kebanyakan disajikan saat momen-momen penting, seperti pernikahan atau acara-acara seremonial budaya.

4. Batang Burok

Batang Burok. Dalam bahasa Indonesia juga disebut dadar gulung karena menyerupai kue tradisional tersebut. Didalamnya terdapat isi berupa parutan kelapa yang telah diolah bersama gula merah. Bedanya hanya dari segi bentuk. Kue batang burok memiliki ukuran yang lebih panjang.

Masyarakat Kota Pontianak sangat akrab dengan kue satu ini. Batang Burok sesuai nama khas Melayu umumnya disajikan saat acara-acara penting dalam tradisi masyarakat di sana.

5. Blodar

Kue Blodar bisa disebut kue bolu karena baik bentuk dan rasanya hampir sama. Mungkin bedanya ada pada bahan-bahan utama, mengingat kue blodar tidak menggunakan telur sehingga teksturnya terasa lebih sedikit kasar.

Namun, untuk rasanya kue Blodar ini sangat legit dan enak. Tekstur kasar tak mengurangi rasa kue khas ini.

6. Kacemate

Kue Kacemate yang satu ini memiliki bahan dasar dari singkong dan buah pisang. Sebelumnya singkong terlebih dahulu dihaluskan baru kemudian di isi dengan buah pisang.

Tidak lupa adanya parutan kelapa yang membuat kue ini semakin nikmat. Tapi sayang, kue yang satu ini agak sedikit sulit untuk ditemukan.

7. Jorong-jorong

Kue jorong jorong termasuk yang langka tapi gampang ditemui sepanjang bulan Ramadhan ini. Joorng-jorong termasuk salah satu kue khas Kota Pontianak. Kue ini berbentuk persegi dengan balutan daun pandan.

Kue asal Kalimantan Barat ini memiliki rasa dan aroma pandan yang harum. Ini dikarenakan wadah atau cetakkannya menggunakan daun pandan.

Gurihnya santan bercampur dengan tepung beras terasa lembut saat dinikmati. Paduan manis dan gurinya santan menambah rasa unik kuliner satu ini.

8. Kue Talam

Kue talam ini beda dengan kue jorong-jorong. Talam ebi semacam kudapan yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Bedanya adalah di topping dengan menggunakan ebi sehingga gurih rasanya.

Kue talam ini sulit ditemukan di hari biasanya tapi di bulan puasa, sangat mudah kamu temukan yaaa.

9. Kue Tart Susu

Kue tart susu ini hampir sama dengan kue pai, bedanya dalam hal isian. Punya tekstur lembut dan renyah di setiap gigitannya. Kue tart ini semacam kudapan manis. Terbuat dari perpaduan tepung terigu, telur dan susu

Demikian 9 makanan khas Kota Pontianak yang perlu kamu tahu saat datang ke Kota Pontianak Kalimantan Barat. Sangat tradisonal dan sangat original. (REDAKSI)



 


Leave a comment