Bupati Sambas Satono Ikuti Seminar Internasional Bertajuk Kota Pusaka, Ruang Budaya Berbangsa

3 November 2022 17:30 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas Satono mengikuti seminar internasional bertajuk Heritage Cities, National Cultural Space atau Kota Pusaka, Ruang Budaya Berbangsa dalam agenda Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Palembang, Kamis (3/11/2022).

Kegiatan seminar internasional tersebut menghadirkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Bertemu Ketum KADIN Arsjad Rasjid, Bahas Investasi di Daerah

Kemudian sebagai narasumber, DR Alwadh Ali Saleh Al Syafei (Staf Ahli Menteri Kebudayaan Uni Emirat Arab), Ju-Sun-Kim, (Dirjen ICHCAP Republik Korea), Hilmar Farid, Ph.D, (Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI) dan Ir Ari Siswanto, MCRP, Ph.D, (Akademisi Universitas Sriwijaya).

Selesai seminar internasional yang ditutup dengan tanya jawab para peserta dari seluruh Indonesia. Dilanjutkan dengan Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang dibuka oleh Presidium JKPI Bima Arya atau Wali Kota Bogor.

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Hadiri Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia di Palembang

Bupati Sambas Satono mengatakan, seminar internasional tersebut sangat bermanfaat untuk para anggota JKPI agar bisa memantapkan strategi dan langkah-langkah pengembangan pusaka budaya di daerahnya masing-masing.

"Hal itu menjadi sangat penting karena selain menjalin silaturahmi, dan sinergitas antara sesama anggota, banyak sekali materi dan pesan-pesan yang disampaikan oleh Bapak Menteri Pendidikan tentang manajemen daerah dengan nilai pusaka budaya," katanya.

Sebelumnya, Bupati Sambas, Satono didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas, Yunisa Satono, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX, Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Festival Kampung Budaya di Perbatasan Jagoi Babang, Suguhkan Berbagai Tradisi Adat Dayak Bidayuh Bijagoi

Pemerintah Kota Palembang adalah tuan rumah dalam kegiatan yang diikuti oleh 73 kabupaten dan kota seluruh Indonesia tersebut. Sementara Kabupaten Sambas adalah salah satu yang diundang sebagai salah satu anggota JKPI.

Bupati Sambas, Satono mengatakan, Rakernas IX JKPI tersebut merupakan agenda yang sangat penting untuk dihadiri mengingat peran JKPI dalam menyediakan wadah dan menjalin sinergitas bagi daerah-daerah yang memiliki nilai-nilai pusaka budaya seperti Kabupaten Sambas.

"Sambas adalah salah satu daerah yang kentara dengan nuansa kerajaan Melayu di masa lalu hingga sekarang. Istana Alwatziekhoebillah adalah salah satu bukti sejarah yang akan terus kita lestarikan. Untuk itu sebagai kepala daerah berbagai upaya harus dilakukan salah satunya menjalin sinergitas dengan JKPI," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment