Atasi Kekeringan di Lahan Pertanian, Bupati Satono Wacanakan Bangun Sumur Bor Tanpa APBD

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas Satono mewacanakan membangun sumur bor di tengah persawahan untuk mengatasi masalah kekeringan yang kerap dihadapi petani saat musim panas tiba.

Wacana itu disampaikan Bupati Satono setelah menerima aspirasi kelompok tani di Desa Serunai, Kecamatan Salatiga yang terkenda air saat musim kemarau, Senin (18/09/2023).

"Saya minta partisipasi semua pihak termasuk kepala desa, poktan, gapoktan tolong carikan titik untuk membuat sumur bor," ucap Bupati Sastono.

Ia berjanji akan membangun sejumlah sumur bor di titik lahan pertanian tanpa membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sambas. Caranya dengan mencari donatur yang mau berkontribusi membangun daerah.

"Saya akan berupaya untuk membuat sumur bor tanpa menggunakan dana pemerintah. Saya akan mencoba mencari donatur seperti pembangunan jembatan berkemajuan non APBD," katanya.

Dia pun meminta kerja sama Poktan dan Gapoktan agar segera menentukan di mana titik-titik yang ada sumber air. Selain itu, ia meminta komitmen pembangunan sumur bor nanti dikerjakan dengan gotong royong.

" Kita akan membangun bersama, dengan prinsip dari rakyat, untuk rakyat, kembali kepada rakyat. Saya atensi para petani sebab saya pun dulu juga merasakan jadi petani saya meminta apapun itu harus kita jalani dengan sabar bersyukur," pesannya.***

Leave a comment