DPRD Kalbar Pastikan Libatkan Kaum Disabilitas dalam Pembahasan Perda

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kalbar, Syarif Amin Muhammad memastikan DPRD Kalimantan Barat, bakal melibatkan kelompok disabilitas dalam pembahasan Perda Pelaksanaan Penghormatan dan Pemenuhan Terhadap Hak Penyandang Disabilitas yang sedang dibahas Pemerintah Provinsi Kalbar bersama DPRD.

"Insya allah, perwakilan dari mereka akan kita undang membahas Perda Penghormatan dan Pemenuhan Terhadap Hak Penyandang Disabilitas," kata Syarif Amin Muhammad, ditemui usai menerima aspirasi dari perkumpulan penyandang disabilitas Kalbar, Senin (2/10/2023).

Amin mengatakan, ada beberapa hal yang disampaikan kelompok disabilitas kepada DPRD. Mereka ingin hak mereka terlindungi dan dipenuhi.

Sebab, selama ini secara Undang-Undang sudah ada aturan yang melindungi dan mengayomi mereka.

"Kami juga sudah buat Pansus. Kita berharap dengan adanya dukungan kawan-kawan disabilitas Pemda tanggap," ujarnya.

Ia pun menegaskan, kaum disabilitas memang sejatinya harus diberikan perhatian khusus. Hak-nya harus dilindungi.

Amin juga mendengar keluhan dari kelompok disabilitas yang beberapa tahun ini tidak pernah dapat bantuan dari pemerintah daerah.

"Dulu mereka dapat bantuan," katanya.

Di sisi lain, pengurus disabilitas berharap ada komunikasi aktif dengan pemerintah daerah. Sementara itu, menyoal Perda Pelaksanaan Penghormatan dan Pemenuhan Terhadap Hak Penyandang Disabilitas, Amin menargetkan Perda ini akan disahkan bulan depan.

"Paling lama sebulan lagi disahkan. Jika sudah selesai nanti disahkan, kita sama-sama mengawasi penerapannya," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment