Kebun Raya Banua Banjarbaru, Destinasi Wisata Edukasi yang Patut Dikunjungi: Koleksi Ribuan Tanaman Langka

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Keberadaan Kebun Raya Banua di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, tidak hanya menawarkan pemandangan indah. Namun, juga menjadi destinasi wisata edukasi yang patut dikunjungi.

Ya, Kebun Raya Banua Banjarbaru bisa dikatakan sebagai destinasi wisata eduasi terlengkap di Kalimantan. Bagaimana tidak, di tempat ini tumbuh ribuan tanaman langka.

Artinya sebagai destinasi wisata edukasi, Kebun Raya Banua ini cukup mumpuni. Itulah sebab, rugi rasanya jika tidak mengunjungi tempat ini ketika Anda berada di Banjarbaru.

Melansir kalselprov.go.id dan celebes.co, Kamis (5/10/2023), destinasi ini berada di dalam kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Tepatnya di Jalan Aneka Tambang, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.

Untuk perencanaan pembangungan dari kebun raya ini dilakukan pada 13 Februari 2013. Lalu, pada 8 Desember 2016 baru diresmikan. Dibangun di kawasan kurang subur karena berupa tanah urukan bekas tambang emas dan berbatu.

Namun seiring waktu, Kebun Raya Banua ini tumbuh dan berkembang hingga menjadi kawasan yang mengoleksi ribuan tanaman langka. Ditambah lagi, pemandangan di tempat ini alami dengan udara yang sejuk.

Dengan kata lain, dengan datang ke tempat wisata satu ini dapat menjadi salah satu obat untuk mengatasi kejenuhan. Dengan wisata yang asri dan juga angin yang semilir, tentu baik menenangkan pikiran.

Kebun Raya Banua ini cukup luas, lahannya sekitar 100 hektare. Di sini juga menjadi salah satu tempat untuk pengembangan, perlindungan dan juga penyelamatan dari berbagai macam tanaman lokal yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Di antara tanaman tersebut adalah pohon kayu besi atau yang sering disebut dengan kayu ulin. Di mana tanaman satu ini semakin hari memiliki tingkat kepunahan yang tinggi.

Selain pohon tersebut, juga terdapat beberapa spesies pohon buah yang langka dan telah dinyatakan punah di habitat alaminya. Buah tersebut adalah pohon buah Kelangkala, Kasturi, Binjai dan juga sebagainya.

Artinya, tempat wisata satu ini sangat bagus sebagai sarana edukasi bagi anak Anda. Sehingga mereka pun menjadi tahu lebih banyak mengenai berbagai macam jenis tumbuhan yang ada di Kalimantan Selatan.

Kebun Raya Banua sendiri telah mempunyai beragam koleksi tanaman yang langka. Untuk jumlahnya sendiri yakni sekitar 3.000 pohon, tanaman tersebut didapatkan dari berbagai sumber.

Koleksi itu didapat dari organisasi pecinta lingkungan, perusahaan swasta, bantuan dari pemerintah, dan juga koleksi masyarakat. Untuk itu, pihak pengelola pun masih terus berburu koleksi dari tanaman langka yang berada di Kalimantan Selatan.

Pengelola masih berburu ke daerah ujung yang masih memiliki ekosistem hutan dengan berbagai macam koleksi tanaman yang cukup lengkap. Sebut saja seperti di Kabupaten Tabalong, Balangan, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

Untuk koleksi yang telah ada di antaranya adalah zona koleksi tumbuhan obat dan zona koleksi tumbuhan kayu. Selain itu, ada zona koleksi tumbuhan atsiri serta zona aromatik dan rempah.

Ada juga koleksi tumbuhan anggrek di pembibitan, zona koleksi tumbuhan buah, dan zona koleksi tumbuhan dikotil.

Demikian sekilas soal Kebun Raya Banua. Destinasi wisata edukasi yang berada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment