Uji Adrenalin ke Air Terjun Semolon Malinau: Membelah Hutan, Melintas Jalan Berbatu, dan Lembah Curam

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Bagi Anda yang suka menguji adrenalin, silakan ke Air Terjun Semolon. Bagaimana tidak, jalur ke destinasi wisata di Kabupaten Malianau ini cukup menantang.

Ya, Anda akan melalui jalur yang menguji adrenalin agar bisa menikmati keindahan Air Terjun Semolon Malinau. Selain membela hutan kalimantan, jalannya juga berbatu.

Tidak itu saja, medan menuju Air Terjun Semolon Malinau adalah lembah curam. Penikmat olahraga penguji adrenalin seperti offroad tentu akan sangat menikmatinya.

Melansi pariwisataindonesia.id dan superlive.id, Kamis (12/10/2023), larena berada di pedalaman hutan, Anda harus menempuh jalan menembus rimbun pepohonan dan trek yang cukup menantang menuju Air Terjun Semolon.

Jalurnya yang menantang, sesuai untuk dijadikan rute offroad. Anda akan melewati jalan berbatu, hingga lembah yang curam. Meski begitu, semua perjuangan akan terbayar saat melihat landscape air terjun yang seperti lukisan hidup.

Ya, jalanan masih berupa tanah yang berbatu, sempit, dan butuh untuk diperbaiki. Karena jalanannya masih sangat “alami,” banyak penyuka offroad yang menyalurkan hobi mereka di jalanan menuju Air Terjun Semolon ini.

Setelah melewati jalur yang cukup menguji adrenalin dan hutan tropis yang masih ditumbuhi pepohonan lebat, Anda akan melewati perkampungan suku Dayak sebelum akhirnya tiba di parkiran kendaraan yang cukup luas untuk beberapa kendaraan.

Dari sini, Anda bisa langsung menuju ke Air Terjun Semolon yang memiliki sembilan tingkatan air, dengan tinggi setiap tingkatannya berkisar 2 meter jaraknya.

Sebagai informasi, Air Terjun Semolon ini berada di arah timur Malinau, ibukota Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Air Terjun Semolon bisa ditempuh selama sekitar dua jam, dengan jarak sekira 44 kilometer menggunakan kendaraan bermotor. Air terjun ini sendiri secara administratif berada di Desa Paking, Kecamatan Mentarang.

Bukan hanya menjadi destinasi wisata alam yang memiliki lanskap menakjubkan, air terjun yang satu ini juga banyak didatangi pengunjung dengan tujuan lain.

Yakni, karena memiliki air yang suhunya panas alami, Air Terjun Semolon dipercaya bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit, khususnya penyakit kulit.

Air yang hangat dan bening ini ternyata merupakan sumber air panas alami bumi yang memiliki banyak kandungan mineral yang ada di Pulau Kalimantan. Meskipun begitu, ternyata airnya nggak berbau belerang seperti di pemandian air hangat lain.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor pendukung kenapa Air Terjun Semolon ini menjadi salah satu destinasi favorit di Kalimantan Utara. Selain itu, lanskap air terjunnya sendiri terbilang cukup unik.

Bukan seperti air terjun lain yang airnya jatuh dari tebing yang tinggi, tapi di sini air terjunnya tersusun bertingkat, bak tirai yang begitu indah dan membentuk kolam alami di setiap tingkatannya.

Ada dua sumber air yang mengaliri air terjun, di mana di sebelah kiri airnya bersuhu dingin, sementara di sebelah kanan airnya bersuhu hangat.

Tak hanya berbasah ria menikmati air panas, di Semolon juga pengunjung bisa melakukan arum jeram yang dipandu oleh atlet arung jeram berpengalaman.

Bagi anak-anak, di sini pun tersedia arena permainan anak yang dijamin membuat si buah hati bergembiar ria. Kemudian ada sarana outbound, arena bersepeda, dan fasilitas lain.

Di kawasan ini juga tersedia berbagai fasilitas. Contohnya gazebo, tempat pertemuan/acara, jembatan gantung, jalan setapak, bahkan lapangan volly rumput.

Demikian soal Air Terjun Semolon di Kabupaten Malinau, semuah kawasan yang sangat menantang bagi penyuka olahraga atau kegiatan yang menguji adrenalin. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment