5 Kota Terbersih di Indonesia 2023, Nomor 1 Sempat Raih Penghargaan Tingkat Asia Tenggara

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

TEGAL, insidepontianak.com – Masalah kebersihan di Indonesia hingga kini masih menjadi ‘pekerjaan rumah’ yang belum tuntas terselesaikan. Oleh karenanya, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Salah satu program yang telah berjalan sejak tahun 1986 adalah Adipura, penghargaan untuk berbagai kota yang telah berhasil menunjukkan komitmennya dalam mengelola lingkungan. Selain mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk serius menghadapi persoalan lingkungan, program ini juga bertujuan untuk memicu partisipasi aktif dari masyarakat.

Di tahun 2023, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah memberikan penghargaan tersebut kepada sejumlah kota. Lima di antaranya memperolah Anugerah Adipura Kencana, penghargaan tertinggi bagi daerah yang dapat mengelola lingkungan secara inovatif dan berkelanjutan.

Layak disebut sebagai kota terbersih di Indonesia, berikut deretan kota/kabupaten yang berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana pada tahun 2023 berdasarkan penilaian tahun 2022.

  1. Kota Balikpapan

Menyabet Adipura Kencana sebanyak lima kali berturut-turut, sebuah kota yang berada di Kalimantan Timur ini bahkan pernah mendapatkan penghargaan di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) pada tahun 2019.

Selain berhasil mengurangi permasalahan sampah, pengelolaan hutan kota dan ruang terbuka hijau di Kota Balikpapan juga dapat berjalan dengan baik. Keberhasilan ini tentu tak lepas dari peran aktif dan kesadaran masyarakat dan pemerintah setempat.

  1. Kota Surabaya

Daerah lainnya yang termasuk dalam kota terbersih di Indonesia adalah Surabaya. Meski termasuk ke dalam kota industri, seluruh elemen masyarakat tetap berupaya menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Menurut penilaian KLHK, kota dengan julukan Kota Pahlawan ini telah berhasil mewujudkan tata kelola sampah dan ruang terbuka hijau yang baik, sehingga tercipta lingkungan yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

  1. Kota Bontang

Beralih kembali ke Kalimantan Timur, terdapat Kota Bontang yang juga meraih penghargaan Adipura Kencana. Kota ini berhasil mengurangi volume sampah dari 83,85 ton pada tahun 2021 menjadi 75,76 ton per hari pada tahun 2022.

Selain itu, di Kota Bontang juga terdapat kawasan ruang terbuka hijau sebesar 22%. Pemerintah setempat juga memanfaatkan solar cell sebagai penerangan jalan umum sehingga tak menimbulkan polusi dan lebih bersifat ramah lingkungan.

  1. Kota Bitung

Bitung merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Sulawesi Utara. Dijuluki sebagai Kota Lima Dimensi, Bitung menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia pada tahun 2023 sebab menerima penghargaan Adipura Kencana 2022. Hal ini berkat konsistensi pemerintah dan warga setempat dalam bahu-membahu menjaga kebersihan lingkungan.

  1. Kabupaten Jepara

Jepara merupakan satu-satunya daerah kota/kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang mendapat penghargaan Adipura Kencana. Setiap tahunnya, pemerintah terus melakukan upaya untuk mengelola sampah, salah satunya dengan metode sanitary landfill.

Pengelolaan sampah organik di Jepara juga sangat inovatif, yaitu dengan budi daya maggot yang kemudian dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Terdapat pula sejumlah program inovatif lain yang sudah terealisasikan, seperti pusat daur ulang (PDU) dan jemput sampah terpilah (Jepapah).

Itulah lima kota terbersih di Indonesia berdasarkan penghargaan Adipura Kencana di tahun 2023. Dengan program ini, diharapkan daerah lainnya mengikuti jejak sejumlah kota tersebut pada tahun-tahun berikutnya. (Rizka) ***

Sumber:
https://www.kominfo.go.id/content/detail/15911/kota-dan-kabupaten-wujudkan-pembangunan-kota-berkelanjutan/0/artikel_gpr

https://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/7064/150-kabupatenkota-terima-penghargaan-adipura-2022
https://dlh.jatimprov.go.id/public/berita/penghargaan-adipura-tahun-2023
https://web.balikpapan.go.id/berita/read/9204
https://dp3appkb.surabaya.go.id/raih-penghargaan-adipura-kencana-2022-satgas-kebersihan-hingga-warga-surabaya-ungkap-rasa-bangga/
https://diskominfo.kaltimprov.go.id/lingkungan/bontang-raih-piala-adipura-kencana-2022-diarak-keliling

Leave a comment