Bawaslu Sanggau: Pentingnya Kolaborasi Dalam Pengawasan dan Penyelesaian Sengketa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Untuk meningkatkan pemahaman dan penyamaan persepsi bagi jajaran. Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan Bawaslu Sanggau gelar kegiatan "Fasilitasi dan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Antar Peserta Pemilu".

Diikuti oleh seluruh pengawas tingkat Kecamatan, kegiatan tersebut di laksanakan di Hotel Grand Narita pada Kamis, (9/11/2023) malam.

Ketua Bawaslu Sanggau, Saptiana Ika menyampaikan jika pengawasan yang dilakukan melalui kolaborasi berbagai pihak.

“Kuncinya kolaborai antar pengawas di tiap tingkatan baik itu provinsi, kabupaten, kecamatan dan di desa. Malam ini kita menyamakan persepsi, penyelesaian pemilu yang baik dan transparan,"ujar Saptiana.

Ia mengatakan, setiap tahapan Pemilu 2024 ini Bawaslu Sanggau akan melakukan pengawasan dan bimbingan terhadap Panwascam saat berada di lapangan untuk melihat adakah potensi kerawanan.

“Pengawasan ini sifatnya melekat pada kita, kami berharap kepada para Panwascam dan staf di setiap daerah lebih menambah khasanah kepemiluan untuk melakukan pengawasan pemilu sesuai aturan,” ujarnya.

Selain itu, kata Saptiana, tantangan dan kondisi lapangan tentu sangat bisa berbeda dari pemahaman kita. Profesionalitas sebagai pengawas harus dikedepankan agar bisa cepat menangani perselisiahan antar peserta pemilu.

“Bagaimana cara menyelesaikan sengketa pemilu dengan cepat, karena Bawaslu Kabupaten memberikan mandat ke Panwascam melaksanakan sengketa dengan cepat, namun harus di identifikasi mana saja menjadi objek dan tingkat kerawanan sengketa pemilu,” ucapnya. (ans)

Leave a comment