Dinas PMD Kalbar Ajak BUMDESMA Gunakan Aplikasi FORSA Permudah Penyusunan Laporan Keuangan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, mengajak pengelola Badan Usaha Milik Desa Bersama atau BUMDESMA, menggunakan aplikasi FORSA.

Aplikasi ini kepanjangan dari Transprmasi Sistem Akuntansi Badan Usaha Milik Desa. Dirancang khusus untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan BUMDes.

Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, Ade Syukri hadirnya aplikasi FORSA memberikan kemudahan dalam penyusunan laporan keuangan.

"FORSA mempermudah artian input satu form dan keluar dalam bentuk neraca dan laporan laba keuangan," kata Ade Syukri.

Karena itu, pengelola BUMDESMA diharapkan mengunakan aplikasi yang dibuat BPKP itu. Namun, jika lebih enak menyusun laporan menggunakan excel pun tak masalah tak menggunakan ini. Sebab, hanya pilihan saja.

"Mana yang mereka enak saja, apakah mau pakai excel atau FORSA. Kita memberikan pilihan saja kepada mereka ini (FORSA) yang lebih simpel," ungkapnya.

Kemudahan dari aplikasi FORSA tidak dua tiga kali input data. Sehingga tak merepotkan menerapkan aplikasi ini. Namun, memang input data dalam aplikasi ini harus diperhatikan.

Sebab, akan mempengaruhi hasil. Karena itulah, tenaga administrasi yang membuat laporan keuangan harus betul-betul cermat.

"Jika input benar maka output benar. Tak akan terjadi masalah ketika yang menginput benar," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment