Herman Hofi: Duplikasi Jembatan Kapuas I dan Hidupkan Transportasi Massal

21 Maret 2024 13:59 WIB
Presiden Jokowi bersama Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, dan Anggota DPR RI Komisi V Syarif Abddullah Alkadrie , Menteri PUPR dan Pj Gubernur Kalbar, Harisson bertepuk tangan usai meresmikan Duplikasi Jembatan Kapuas 1 Pontianak, Kamis (21/3/2024).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pengamat Kebijakan Publik, Herman Hofi Munawar menilai, perlu menghidupkan kembali transportasi massal di Kota Pontianak, untuk mengurai kemacetan jangka panjang.

Kebutuhan transportasi massal sudah menjadi kebutuhan, seiring tingginya jumlah kendaraan bermotor yang membuat ruas jalan menjadi sempit.

Wilayah Kota Pontianak yang kecil, kata Herman, membuat orang memilih beraktivitas dengan kendaraan pribadi. Sebab, transportasi massal juga belum dibangun pemerintah.

"Akhirnya, kita mulai merasakan kemacetan. Ini karena jumlah kendaraan makin bertambah, rekayasa lalu lintas tak dilakukan, dan luas jalan begitu-begitu saja," kata Herman.

Menurutnya, konsep transportasi massal pun harus dibuat dengan benar. Fungsinya hukan hanya memindahkan orang dari satu titik ke tempat lain.

"Tapi juga harus ada unsur rekreasi yang membuat orang bisa melihat keindahan Kota Pontianak," kata Herman.

Moda transportasi massal yang dibuat harus nyaman, dilengkapi berbagai fasilitas. Seperti internet, dan lain sebagainya. Misalnya saja ke depan Pemkot Pontianak membuat moda transportasi kota jurusan Tanjungpura - Tugu Khatulistiwa.

"Orang yang tujuannya melihat destinasi wisata Tugu Khatulistiwa bisa menggunakan. Masyarakat yang tujuannya Pontianak Timur, Siantan bisa juga gunakan," katanya.

Sementara untuk jalan lingkungan, dia mendorong agar moda transportasi oplet juga kembali dihidupkan. Dengan begitu, maka memudahkan aktivitas masyarakat.

Untuk menghidupkan transportasi massal ini, harus ada grand desain dengan kajian yang matang. Yang benar-benar dirancang untuk kebutuhan jangka panjang.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi telah meresmikan Duplikasi Jembatan Kapuas I di Pontianak, Kamis (21/3/2024). Pengoperasian jembatan diharapkan bisa mengurai kemacetan di Kota Pontianak.(andi)*** 

Leave a comment