PLN Kalbar Siap Sukseskan Event Gawai Naik Dango 2024, Lewat Pasokan Listrik Andal

19 April 2024 09:08 WIB
Petugas PLN memonitor kondisi kelistrikan di area rumah radnagk Pontianak yang akan dijadikan tempat event Gawai Naik Dango. (Dok PLN)

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN Kalbar memastikan siap menyukseskan event budaya Gawai Naik Dango 2024, melalui pasokan listrik andal. 

General Manager PLN UID Kalbar, Joice Lanny menyampaikan, pihaknya telah menyiagakan personel 24 jam dan menempatkan satu unit UPS Mobile, dengan kapasitas 1000 VA di lokasi acara naik dango.

Selain itu, PLN juga memberikan layanan prioritas suplai keandalan ke lokasi dari 2 jalur dan 2 gardu induk, yang berbeda.

"Serta terus dipantau melalui patroli tim pelayanan teknik," lanjutnya. 

Joice berharap semoga kegiayan Gawai Naik Dango 2024, berjalan lancar aman dan sukses tanpa ada gangguan.

"Sehingga masyarakat Kalbar dapat menghadiri serangkaian acara tersebut dengan nyaman dan tenang," ucapnya. 

Adapun Gawai Naik Dango 2024 digelar oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Pontianak. Akan berlangsung di Rumah Radakng, jalan Sutan Syahrir Pontianak.

Ketua DAD kota Pontianak Yohanes Nenes mengatakan bahwa Gawai Naik Dango akan digelar pada 18 sampai 21 April 2024. Bertajuk: "Membangun Budaya Dayak Menuju Indonesia Emas di Tahun 2045."

Yohanes, mengatakan,Gawai Naik Dango tahun ini direncanakan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Gawai Naik Dango dirangkai dengan sejumlah kegiatan. Seperti, ritual adat nyagahant, tarian nimang padi, pertunjukan musik Jongan, olah raga tradisional sumpit dan permainan pangka gasing dan beberapa kegiatan lainnya. 

"Untuk melihat potensi pariwisata di kota Pontianak akan dilaksanakan susur sungai Kapuas dan kunjungan ke Tugu Khatulistiwa," jelas Yohanes Nenes.

Yohanes Nenes menuturkan, makna naik Dango sendiri bagi masyarakat Dayak bagian dari ungkapan rasa syukur kepada Jubata (Tuhan )yang maha kuasa atas berkah yang di berikan berupa hasil panen padi yang berlimpah.***

Leave a comment