Pilkada Kalbar 2024 Diprediksi Dua Pasang, Head to Head Sutarmidji-Lasarus

11 Juni 2024 14:31 WIB
Lasarus dan Sutarmidji akan bertarung di Pilkada Kalbar 2024. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemilihan kepala daearah atau Pilakada Kalbar 2024 diprediksi hanya diikuti dua pasang calon atau head to head.

Dua pasang calon tersebut adalah petahana Sutarmidji-Ria Norsan, dan Lasarus-Muda Mahendrawan sebagai penantang.

Sutarmidji-Ria Norsan sendiri telah mendeklarasikan kembali bersama maju di Pilkada Kalbar untuk melanjutkan kepemimpinan periode keduanya.

Sejauh ini, Sutarmidji-Ria Norsan sudah mendapat rekomendasi dari NasDem. Sementara Demokrat, masih sebatas surat tugas. Begitupun PKS dan Golkar, juga belum menentukan sikap.

Adapun NasDem dan Demokrat memiliki 10 kursi di Kalbar. Artinya dua partai ini sudah bisa mengusung pasangan calon gubernur Kabar.

Sementara lawan penantang pasangan petahana dipastikan adalah Ketua DPD PDI Perjuangan, yang juga Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus.

Keseriusan Lasarus untuk turun gunung di Pilkada Kalbar telah dibuktikan dengan mendaftar ke berbagai partai.

Ia juga sudah mendapat beberapa rekomendasi dari berbagai partai politik. Misalnya saja PAN, Hanura dan PKB.

Namun, sampai saat ini Lasarus belum mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan, partai tempatnya berkader.

Hampir sama dengan Lasarus, Muda Mahendrawan yang juga telah mendaftar menjadi calon Gubernur Kalbar ke berbagai partai politik.

Hanya saja, Muda Mahendrawan tak memiliki partai. Namun, ia sudah mendapat rekomendasi awal PAN dan Hanura untuk mencari wakil.

Duat Lasarus-Muda Menguat

Belakangan isu Lasarus berpasangan dengan Muda Mahendrawan menguat. Ini tak lepas dari pertemuan Lasarus-Muda yang belum lama ini digelar.

Kepada Insidepontianak.com, beberapa waktu lalu, Lasarus memastikan bakal maju sebagai calon gubernur di Pilkada Kalbar 2024 yang akan dihelat November mendatang.

Lasarus mengaku tak gentar berhadapan dengan kandidat manapun, termasuk bila harus melawan pasangan petahana Sutarmidji-Ria Norsan. Dia bahkan menggaransi kalau kepemimpinan akan lebih baik dari pasangan incumbent.

Soal sosok wakil, Lasarus masih belum memberi bocoran. Yang jelas, wakil yang diinginkannya adalah tokoh dari Kalbar I.

Di konfirmasi mengenai isu ia akan berpasangan dengan Muda Mahendrawan, Lasarus belum memberikan jawaban. Begitu juga Muda Mahendrawan.  

Untuk diketahui, Lasarus sendiri merupakan kader PDI Perjuangan. Ia punya cukup tiket untuk berlayar di Pilgub Kalbar, jika memang partai besutan Megawati Soekarnoputri memberi rekomendasi.

Apalagi, Pileg 2024 PDIP partai pemenang yang memperoleh 13 kursi di parlemen Kalbar. Jumlah kursi ini cukup mengusung kadernya sendiri tanpa harus berkoalisi.

Pasangan Lasarus-Muda kemungkinan bakal diperkuat PKB, PAN, dan Hanura. Sebab, partai-partai ini turut mengeluarkan rekomendasi kepada keduanya.

Sutarmidji mengaku sudah mengantongi tiket berlayar di Pilkada Kalbar 2024. Yang pasti, NasDem sudah memberikan tiket.

"Mudah-mudahan surat tugas Demokrat juga bisa segera berganti rekomendasi sehingga kami cukup syarat maju kembali," harapnya.

Sutarmidji juga optimis PKS juga bakal menjadi partai pengusunya. Adapun Gerindra masih dalam tahap penjajakan.***


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment