PAN Kalbar Berhasil Tingkatkan Kursi DPRD, Empat Kabupaten dan Kota Raih Unsur Pimpinan

12 Maret 2024 11:54 WIB
Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Perolehan kursi Partai Amanat Nasional atau PAN Kalimantan Barat mengalami peningkatan di Pemilu 2024.

Peningkatan ini terjadi pada perolehan kursi DPRD kabupaten dan kota. Sementara, kursi DPRD Kalbar, dan DPR RI mereka berhasil mempertahankan komposisi kursi dari Pemilu sebelumnya.

Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan, perolehan suara PAN di Pemilu 2024 terjadi peningkatan signifikan. Capaian ini tak lepas dari arahan dan penekan sang ketua DPW, Boyman Harun.

"Bagaimana kader PAN diarahkan untuk membangun komunikasi dan kerja nyata kepada masyarakat," kata Zulfydar, Selasa (12/3/2024).

Zulfydar bersyukur, kerja keras kader berhasil membuat perolehan suara PAN yang mengalami peningkatan dan berhasil meningkatkan kursi DPRD Kabupaten dan Kota.

"Untuk Kabupaten, Kota peningkatan kursi sangat terasa sekali. Peningkatannya hingga 12 kursi," katanya.

Sedikitnya Zulfydar mencatat ada empat Kabupaten dan Kota yang mengalami peningkatan kursi yang signifikan. Di antaranya Kota Singkawang.

Pada Pemilu 2019 lalu, PAN Kalbar hanya mendapat satu kursi. Tapi di Pemilu 2024 ini, PAN berhasil mendapat empat kursi dan berhak atas pimpinan DPRD. Selain Singkawang, peningkatan suara signifikan juga terjadi di Kabupaten Melawi.

Kabupaten yang dipimpin kader PAN Dady Sunarya itu berhasil meningkatkan kursi DPRD, menjadi 11 kursi dari sebelumnya hanya 5.

"Dengan capaian ini maka Ketua DPRD Melawi berasal dari kader PAN," ujarnya.

Tak hanya di Melawi, peningkatan kursi juga terjadi di Mempawah. Yang semula satu, di Pemilu 2024 menjadi 5 dan berhak mendapat unsur pimpinan DPRD.

"Terakhir Kayong dari semula yang hanya satu menjadi 4, dan berhak mendapat unsur pimpinan," ujarnya.

Sementara itu, untuk perolehan kursi DPRD Kalbar tetap lima dan tetap satu fraksi. Perolehan kursi ini didapat dari dapil Kalbar I, Kalbar 4, Kalbar 6, Kalbar 7 dan Kalbar 8.

"Masing-masing satu kursi," katanya.

Sementara untuk DPR RI, PAN Kalbar berhasil mengantarkan Ketua DPW PAN Boyman Harun menjadi anggota DPR RI untuk periode kedua.

"Capaian ini sesuai target yang kita tetapkan," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment