Pengendalian Inflasi, Sekda Kapuas Hulu Gelar Gerakan Tanam Cabai

16 Agustus 2024 18:28 WIB
Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini Launching Gerakan Tanam Cabai untuk Pengendalian Inflasi Daerah di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan.

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Cabai merupakan salah satu komoditi penyumbang inflasi selain beras, daging, telur, bawang merah/putih, gula pasir, dll.

Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini Launching Gerakan Tanam Cabai untuk Pengendalian Inflasi Daerah di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan.

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. 

"Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya," ungkapnya.

Sekda Mohd Zaini menyampaikan melalui launching tanam cabai masal diharapkan masyarakat gemar menanam, hal tersebut dapat menjadi solusi dalam mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran.

"Terutama komoditi cabai serta upaya strategis dalam mengendalikan inflasi," jelasnya.

Ia juga menambahkan, dengan produksi cabai dan sayuran yang meningkat, maka harga pasar untuk produk-produk tersebut akan lebih stabil. 

"Hal ini tentu akan membantu masyarakat dalam menghadapi inflasi yang seringkali menyebabkan kenaikan harga-harga barang kebutuhan sehari-hari," urainya.

Adapun upaya-upaya pemerintah dalam mengatasi kenaikan harga bahan pokok tidak hanya melalui program bantuan pangan, namun juga melalui bantuan sosial lainnya seperti bantuan sembako dan juga bantuan langsung tunai (blt) guna meningkatkan daya beli sekaligus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada masyarakat serta semua guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Selain itu kegiatan ini dapat menjaga stabilitas ketersediaan stok dan harga pangan," tutup Sekda Kabupaten Kapuas Hulu. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar