Penyaluran Dana Desa Tahap I di Kabupaten Sanggau Capai 100 Persen

27 Juni 2024 10:05 WIB
Foto: insidepontianak.com - Sekretaris DPMPemdes Kabupaten Sanggau, Eddy Santana.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPemdes) Kabupaten Sanggau, Eddy Santana mengatakan penyaluran Dana Desa tahun 2024 tahap I mencapai 100 persen.

"Tahap pertama untuk 163 Desa penyaluran sudah 100 persen, sesuai dengan batas waktu 27 juni terakhir untuk pengajuan tahap satu," kata Eddy kepada insidepontianak.com pada Rabu (26/6/2024).

Eddy mengungkapkan, dari 163 Desa di 15 Kecamatan se-Kabupaten Sanggau baru ada 11 Desa yang sudah berproses mengajukan pencairan tahap II. Secara keseluruhan total dana desa di Kabupaten Sanggau tahun 2024 sebesar 187 milyar. 

"Nah jadi untuk tahap dua ini yang sudah berproses tu ada sebelas desa," ujarnya.

Kemudian, Ia menjelaskan bahwa untuk pengajuan pencairan dana desa hanya cukup dua syarat saja yaitu realisasi keuangan kemudian SK ataupun Peraturan Desa (Perdes) mengenai penatapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dengan SK penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD).

Namun, kata Eddy untuk pencairan dana desa tahap II, ada kewajiban bagi pihak Pemdesa untuk menerapkan perangkat Cash Management System (CMS) dalam pengelolaan keuangan Desa.

Eddy menegaskan, untuk pencairan tahap II tenggang waktu hingga 30 September 2024. 

Jika hingga batas waktu dana desa tersebut tidak terserap oleh Pemdes maka Dana Alokasi Umum (DAU) untuk tahap berikutnya akan dikurangi 25 persen.

“Maka dari itu kita selalu menekankan pada desa-desa untuk melakukan proses perencanaan secara baik, sesuai jadwal yang telah ditetapkan bersama, kesepakatan yang dibuat dengan anggota BPD, dan perangkat desa, disesuaikan dan dijalankan,” pungkasnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar