Penuh Kemeriahan dan Persahabatan, Simak Wisata Kuliner dan Budaya Saat Kota Pontianak Rayakan HUT ke 251

26 Oktober 2022 14:42 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kota Pontianak rayakan HUT ke 251 tahun dengan berbagai acara wisata kuliner dan budaya, Minggu (23/10/2022).

Selain wisata kuliner dan budaya, ada berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan acara puncak Kota Pontianak rayakan HUT ke 251.

Ada wisata kuliner dan budaya, antara lain tarian massal Jepin yang merupakan budaya Melayu. Ada Karnaval Air yang diselenggarakan pemerintah Kota Pontianak di sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas. Ada Pontianak Food Fest atau Festival Makanan khas Pontianak yang digelar sepanjang Jalan Diponegoro di acara Kota Pontianak rayakan HUT ke 251.

Baca Juga: Perjuangan Mbah Murjinah Si Penjual Durian Keliling Pasar Sampai Badan Bungkuk Demi Menyambung Hidup

Tarian massal budaya Melayu dengan menggunakan baju khas Melayu Teluk Belanga sangat meriah dan dihadiri lebih dari 11 ribu warga Pontianak. Warga menari di depan kantor Walikota Pontianak.

Video berjepin massal yang semarak untuk memperingati hari jadi Kota Pontianak ke 251 tahun, dapat dilihat pada Instagram @pontianakinformasi. Hingga Selasa (25/10/2022) pukul 11.27 Wib, unggahan video tersebut mendapatkan 8.457 likes atau suka dan 48 comments atau komentar.

“Selamat ulang tahun Pontianak, salam dari Jakarta dan semoga bisa segera pulang ke Pontianak lagi, Aamiin,” tulis mtaufiqfull dalam kolom komentar.

Setelah berjepin massal, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama Sultan Pontianak Syarif Machmud Melvin Alkadrie bergegas menuju Masjid Jami untuk melakukan kegiatan berjalan kaki, sambil mengenang kejadian di masa lalu atau dalam istilah Melayu disebut dengan napak tilas.

Baca Juga: Beredar Isu Teror Sperma Diduga Dialami Perempuan di Pontianak, Ini Cerita Korban

Napak tilas dimulai dari menyusuri Sungai Kapuas menuju Makam Kesultanan Kadriah Pontianak di Batu Layang. Puluhan kapal dan sampan dengan hiasan ornamen khas Melayu Pontianak, turut serta dalam Karnaval Air tersebut.

Dalam Karnaval Air Sungai Kapuas juga dihadiri oleh beberapa Kesultanan di Kalbar dan Indonesia, maupun negeri tetangga. Seperti, Kesultanan di Kalbar, Mempawah, Sintang, Ketapang, Tayan, Simpang dan Kubu.

Kesultanan dari wilayah Indonesia, seperti, Kesultanan Padang Sumatera Barat, Gowa Sulawesi Selatan, Bima NTB. Juga Kesultanan dari engeri tetangga, seperti, Kuala Lumpur Malaysia, Selangor Malaysia, Johor Malaysia, dan Sulu Filipina Selatan. Ada juga perwakilan dari Kesultanan Brunei Darussalam, Singapura dan Thailand.

Puncak Kota Pontianak rayakan HUT ke 251 tahun, dengan adanya Pontianak Food Fest 2022. Festival makanan ini ramai dikunjungi warga lokal maupun turis. Festival digelar untuk mendukung perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM) di Pontianak. Lebih dari 60 stand UMKM turut meramaikan ajang festival kuliner yang mulai dibuka pukul 15.00 – 22.00 WIB.

Pagelaran festival makanan ini digelar mulai 23-29 Oktober 2022. Berbagai kue tradisional tersaji, mulai dari bakwan lawit, bingke, choipan dan lainnya.

“Warga Kota Pontianak yang tidak menyempatkan diri berkunjung ke festival kuliner ini, boleh dikatakan rugi karena pada hari ini, akan banyak makanan yang susah dicari pada momentum hari biasa, terutama makanan khas Kota Pontianak,” ujar Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, usai membuka secara resmi Pontianak Food Fest 2022.***Ditulis oleh Novita Uliyanti, Peserta Pelatihan Batch 26 Promedia. 

Leave a comment