Ragam Olahan Talas atau Keladi Khas Pontianak: Dari yang Kering Sampai Berkuah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Talas atau keladi menjadi bahan olahan untuk makanan atau camilan khas dari Pontianak. Ragamnya banyak, ada yang berkuah dan ada pula yang kering.

Ada dua jenis talas atau keladi yang digunakan sebagai bahan makanan khas Pontianak, yakni keladi pandan dan talas varian dari Singkawang.

Yang jelas, keladi ataupun talas yang digunakan sebagai bahan camilan khas bukanlah tanaman liar. Tapi, dari budidaya di perkebunan talas yang ada di Pontianak sekitarnya.

Melansir captwapri.id, Selasa (5/9/2023), talas yang dibudidayakan adalah jenis keladi pandan, dengan umbinya berwarna ungu kemerahan. Dan varietas keladi Singkawang, dengan ukuran lebih besar, getahnya lebih sedikit, dan umbu berwarna kekuningan.

Yang jelas, baik talas atau keladi pandan dan keladi Singkawang memang telah lama menjadi bahan baku utama makanan dan sejumlah camilan khas Pontianak.

Camilan atau makanan ini terasa khas karena kuliner Pontianak merupakan hasil dari percampuran dan asimilasi keanekaragaman etnisnya. Sebut saja Melayu, Dayak, dan Tionghoa yang menjadi mayoritas.

Oleh karena itulah, baik dari makanan hingga jajanan, sangat kental cita rasa dari percampuran ketiga etnis tersebut. Dan, makanan dan jajanan itu di antaranya banyak menggunakan talas atau keladi sebagai bahan baku utamanya.

Nah, berikut berikut adalah makanan dan jajanan serba dari talas khas Pontianak yang menarik untuk Anda coba:

  1. Stik Talas

Jajanan ini selalu menjadi oleh-oleh para pelancong dan pendatang. Stik keladi terbuat dari umbi talas pandan, yang diiris-iris tipis memanjang. Rasanya gurih dan renyah.

Stik talas ini dibumbui aneka rasa seperti balado, keju, barbeque, jagung, dan original. Bentuknya ada stik talas dengan potongan tebal, atau stick dengan potongan lebih tipis.

  1. Uyen Talas

Uyen atau bola-bola talas dengan campuran udang atau bisa menggunakan ebi. Ada juga campuran cincangan kasar kacang tanah. Biasanya dimakan dengan saus cabai rawit dengan perasan jeruk limau.

Makanan camilan peranakan khas Medan dan Pontianak ini sangat terkenal dan menjadi menu gorengan favorit yang selalu dijual di warung kopi atau lapak makanan di sepanjang Jalan Gajah Mada Pontianak.

  1. Hekeng Talas

Hekeng adalah makanan khas etnis Tionghoa di Pontianak yang menggunakan daging. Artinya mengalami perubahan karena menggunakan talas. Bahannya terigu, talas, udang segar atau udang ebi.

Anda bisa membeli hekeng talas di sepanjang pertokoan oleh-oleh khas Pontianak di area Jalan Pattimura atau Jalan Gajah Mada Pontianak.

  1. Kue Talam Talas

Kue talam talas dengan taburan sambal udang ebi kering. Rasanya nikmat, enak, dan lezat. Masyarakat Tionghoa biasa menyebutnya dengan “ou kue”.

Meskipun kue ini hampir mirip dengan kue talam ebi, namun talamnya menggunakan umbi talas. Kue talam biasanya cenderung bercita rasa manis, tapi talam talas rasanya lebih gurih dan menggigit.

  1. Choi Pan Talas

Choi pan adalah jajanan peranakan yang selalu menarik perhatian semua kalangan, baik itu warga lokal atau pelancong di Pontianak. Choi pan ada yang digoreng atau dikukus, biasanya isi irisan bengkuang.

Namun, choi pan talas yang tak kalah sedap. Kulit choi pan yang lembut, gurih, dengan aroma bawang putih goreng makin legit dengan isian pasta talas yang bercampur cincangan kacang kasar.

  1. Kolak Talas

Pembuatannya sama seperti kolak pisang, hanya saja pisangnya berganti talas. Kolak talas juga terbagi menjadi dua jenis, ada yang gurih asin seperti sup atau manis layaknya kolak pisang pada umumnya.

Pada kolak talas asin, kuah sup biasanya terbuat dari kaldu tulang ikan asin talang, dan tumisan bawang putih, lalu baru masukkan talas yang telah dipotong-potong.

  1. Sayur Keladi

Sayur keladi atau sayo’ keladi, adalah masakan khas Melayu Pontianak. Keladi yang digunakan adalah jenis tanaman talas atau keladi pangku anak. Konon talas jenis ini tidak menimbulkan rasa gatal jika diolah menjadi sayuran.

Tekstur talas pangku anak lebih lunak, empuk, dan halus dibandingkan jenis talas lain. Disebut sebagai sayur keladi asam pedas dan biasanya ditambahkan ikan teri Medan agar semakin lezat dan sedap.

Demikian tujuh makanan khas Pontianak yang berbahan talas atau keladi. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment