Bupati Satono Harap Rumah Pengolahan Hortikultura di Sungai Nilam Beri Nilai Tambah Ekonomi Petani

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas, Satono, resmikan rumah pengolahan pangan di Desa Sungai Nilam, Kecamatan Jawai, Kamis (11/1/2023).

Bupati Satono mengatakan, rumah produksi ini akan digunakan untuk pengolahan komoditas hortikultura, yang akan didampingi pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas.

"Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk antisipasi jika terjadi jumlah yang diproduksi hortikultura melimpah demi menjaga agar harga tetap stabil," Jelasnya.

Dengan dibangunnya rumah produksi tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat kerugian pascapanen dan meningkatkan nilai tambah produk serta membuka peluang pasar di bidang pertanian lebih luas.

Rumah produksi ini juga bagian dari salah satu pendukung untuk mendorong percepatan lahirnya One Village One Product atau OVOP.

“Yang mana di Desa Sungai Nilam ini ada produk unggulan OVOP berupa jus buah naga dalam kemasan dan keripik bawang buah naga," kata Bupati Satono.

Ia menuturkan bahwa bangsal tersebut bukan hanya tempat produksi dan penyimpanan. Tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan teknologi secara bertahap.

Dengan fasilitas itu, produk-produk hortikultura yang telah dipanen juga bisa lebih awet, karena diolah dan dikemas untuk dipasarkan.

"Saya harap dengan dibangunnya bangsal ini dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya agar bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan mendongkrak ekonomi kerakyatan di Desa Sungai Nilam, Kecamatan Jawai," Harap Satono.***

Leave a comment