Program Desa Berdaya, PLN Beri Angin Segar Pelestarian Ekosistem Gunung Juring

25 Juni 2024 12:17 WIB
Proses Pencanangan Tiang Pertama dalam Pembangunan Rumah Sanggar Seni & Budaya Program Desa Berdaya Ekosistem Gunung Juring di Desa Mekar Raya.

KETAPANG, insidepontianak.com – Melahirkan Kawasan desa Tangguh binaan PLN yang lebih Sejahtera dan mandiri, dengan menggerakkan UMKM Desa agar dapat berperan aktif mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

PLN berupaya penuh akan komitmennya mendukung program pemerintah dalam tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) yang semakin hari terus menunjukan tren positif.

Program Desa Berdaya PLN yang ada di Kabupaten Ketapang-Kalimantan Barat memberi angin segar dalam pelestarian ekosistem Gunung Juring yang ada di Desa Mekar Raya, Kecamatan Simpang Dua.

Program tersebut merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP KLB). 

Salah satu bentuk program yang diberikan oleh PLN berupa Pembangunan Rumah Sanggar Seni dan Budaya Ekosistem Gunung Juring. Kegiatan pencanangan tiang pertama. 

Bantuan lain yang diberikan pada program Desa Berdaya PLN di Desa Mekar Raya ini meliputi Rumah Produksi Anyaman yang mana Rumah Sanggar Seni dan Budaya dijadikan sebagai sentra pelatihan menganyam bagi generasi muda di Kawasan Ekosistem Gunung Juring, Galeri Hasil Hutan, Pelatihan Adat setempat serta Pembuatan Rumah Penjemuran untuk hasil hutan yang menggunakan tenaga Surya.

Manager Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Barat 1 (UPP KLB 1), Oki Hermawan mengatakan bahwa program Desa berdaya di Desa Mekar Raya merupakan hasil kolaborasi antara PLN, Pemerintah Desa, Forum Juring Bersatu dan Tropenbos Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian desa serta pelestarian Ekosistem Gunung Juring di Desa Mekar Raya.

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Desa serta Komunitas Forum Juring Bersatu dan Tropenbos Indonesia dalam melaksanakan program Desa Berdaya di Desa Mekar Raya, ehingga melalui Program TJSL PLN pihaknya diberikan kesempatan untuk terlibat serta berkontribusi membantu Masyarakat Desa. 

"Kami berharap bantuan ini dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga ke depannya Ekosistem Gunung Juring yang berada di Desa Mekar Raya terjaga kelestariannya," ungkap Oki.

Kepala Desa Mekar Raya, Toni menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN yang telah membantu Masyarakat Desa dalam pelestarian Ekosistem Gunung Juring.

Ia selaku Kepala Desa Mekar Raya mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan ini kepada kami di Desa Mekar Raya. 

PLN telah hadir bukan hanya membangun infrastruktur ketenagalistrikan saja, tetapi memberikan perhatian lebih kepada Masyarakat desa. 

"Bantuan berupa Pembangunan Rumah Sanggar Seni dan Budaya yang diberikan akan sangat berguna dan berperan dalam Upaya pelestarian ekosistem Gunung Juring di desa kami," ujar Toni.

Dalam waktu dekat ke depannya, selain Pembangunan Rumah Sanggar Seni dan Budaya yang terus berjalan progress pembangunannya, bantuan-bantuan lainnya juga akan diberikan kepada Masyarakat Desa Mekar Raya. 

Kedepannya diharapkan dengan adanya Rumah Sanggar Seni dan Budaya yang akan dijadikan tempat pelatihan gamelan dan tari, Rumah Produksi Anyaman dengan pelatihan menganyamnya, Galeri Hasil Hutan untuk produksi obat-obatan tradisional dari hasil hutan serta hasil pertanian.

"Rumah Penjemuran untuk pengolahan produk-produk seperti cabai, kepayang dan kopi dapat menjadi pendorong peningkatan roda perekonomian tumbuh secara inklusif dan menjadikan kawasan desa lebih Sejahtera dan mandiri," tutup Oki.

Adapun dampak dari Sarana Prasarana Terpadu (Rumah Sanggar Seni dan Budaya, Rumah Produksi Anyaman, Galeri Hasil Hutan dan Rumah Penjemuran) diharapkan dapat menjadikan pendorong peningkatan roda perekonomian di Desa Mekar Raya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment