Kontribusi Nyata PTPN IV Regional V Dirasakan Langsung Masyarakat Pelaihari Tanah Laut Kalsel

8 Maret 2024 14:55 WIB
Ilustrasi
PONTIANAK, insidepontianak.com - PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Regional V (eks PTPN XIII) menyadari pentingnya ekonomi daerah untuk pembangunan ekonomi suatu negara.

Karena itu, PTPN terus berkomitmen mendongkrak perekonomian daerah dengan berbagai program seperti penyediaan lapangan kerja, bantuan modal usaha, perhatian infrastruktur, kesehatan, pendidikan hingga membantu sembako untuk masyarakat, kurang mampu.

Kehadiran perusahaan Kelapa Sawit yang beroperasi hampir diseluruh Provinsi yang ada di Kalimantan (Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur) memberi manfaat yang langsung dirasakan masyarakat.

Agustin, salah satu pedagang di Desa Karang Taruna, merasakan langsung manfaat Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil PUMK PTPN IV Regional V.

Ia mengakui manfaat dan perkembangan yang signifikan terhadap warung yang dimiliknya dari kehadiran PTPN IV Regional V.

Ia juga menilai perusahaan telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu Peternak di Kabupaten Tanah Laut, Isnawati. Ia bercerita PTPN IV Regional V berperan aktif dalam membuka peluang dan mendorong perekonomian.

Hal ini juga menjadi penunjang dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.
Manager Kebun Pelaihari, Dede Aripin menegaskan bahwa sinergi antara pemerintah dan perusahaan merupakan bentuk kerja sama yang memberi manfaat berkelanjutan bagi seluruh masyarakat.

Ke depannya, PTPN IV Regional V akan terus meningkatkan kolaborasi demi mencapai tujuan pembangunan yang lebih inklusif dan berkesinambungan.

Saat ini, PTPN juga telah menerapkan secara berkelanjutan program Tanggung Jawab Social Lingkungan (TJSL) atau biasa dikenal CSR.

"Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi Kabupaten Tanah Laut, tetapi juga wilayah lain yang berada disekitar perusahaan. Program ini menyentuh beragam aspek kehidupan di masyarakat, termasuk pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan dan infrastruktur," ungkap Syaripudin.

Komitmen dalam menghadirkan manfaat positif ini terus dipertahankan oleh PTPN IV Regional V. Program TJSL yang dijalankan di wilayah ini telah membawa dampak yang nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal ini menjadi bukti konkret tentang peran serta PTPN IV Regional V dalam mendukung pengembangan sosial dan ekonomi di sekitar perusahaan.(andi)***

Tags :

Leave a comment