Sub Holding PTPN IV PalmCo Gelar Pasar Murah dan Mudik Gratis untuk Warga Sekitar Kebun

27 Maret 2024 15:25 WIB
Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin Angin. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sub Holding PTPN IV, PalmCo akan menggelar pasar murah dan mudik gratis khusus untuk masyarakat di sekitar perkebunan.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Ramadhan dan Idulfitri. Pasar murah bertujuan untuk membantu warga sekitar kebun agar bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Sedangkan program mudik gratis juga bertujuan membantu masyarakat sekitar kebun, agar bisa pulang kampung dengan tidak mengeluarkan biaya.

Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin mengakatan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen perusaahaan mendukung program pemerintah menstimulus ekonomi masyarakat.

“Untuk menstimulus ekonomi masyarakat jelang lebaran, kami laksanakan Mudik Gratis dan Pasar Murah BUMN,” buka Irwan.

Ia menyebutkan terdapat tujuh kota di Sumatera yang akan menjadi tujuan dari Mudik Gratis. Di antaranya, dari Medan ke Labuhan Batu, Medan ke Pekanbaru, Medan ke Panyabungan, dan Medan ke Padang.

Kemudian ada juga rute Pekanbaru sebagai kota asal dengan tujuan ke Medan, Pekanbaru-Padang, Pekanbaru-Mandailing Natal.

Terakhir, dari Kota Jambi dengan tujuan Padang serta Jambi tujuan Medan. Program mudik gratis akan serentak dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024.

“Kita sudah menyiapkan puluhan bus untuk warga dan seluruhnya gratis! Silakan mendaftar karena kuota memang terbatas,” ucapnya.

Pendaftaran mudik gratis ini paling lambat berakhir di 30 Maret 2024 atau saat kuota 500an pemudik terpenuhi.

Di samping menyediakan bus gratis yang memobilisasi pemudik, masing-masing Regional PalmCo yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Barat dan di Pulau Kalimantan juga akan mendistribusikan lima ribu paket sembako berupa beras, minyak dan gula.

“Masing-masing Regional ada 1.000 paket. Serentak nanti insya Allah hari Rabu 3 April,” ujar Irwan.

Perusahaan kata dia, mempersiapkan 5 kg beras, 1 kg gula dan 1 liter minyak goreng yang mendapat subsidi 50 persen.

"Sehingga harga jual paket sembako Pasar Murah Safari BUMN kepada masyarakat adalah Rp75 ribu per paket," ungkapnya.

 Terakhir, perusahaan sawit yang mengelola lahan terluas di dunia itu juga membuka bazar UMKM dari mitra binaan yang ada di Medan.

“Harapannya semua aktivitas ini dapat membantu serta menjadi rangsangan dalam perekonomian masyarakat,” imbuh Irwan.

Sementara itu, Region Head Regional V Khayamuddin Panjaitan menyebut pasar murah safari Ramadhan menjadi even rutin Perusahaan dibawah arahan Kementerian BUMN RI.

“Khusus warga Kota Pontianak, PTPN IV Regional V sendiri akan melaksanakan pasar murah yang direncanakan terlaksana di Kelurahan Benua Melayu Darat Pontianak Barat dan Kelurahan Sungai Beliung Pontianak Selatan,” kata Region Head Regional V Khayamuddin Panjaitan.

Region Head Regional V Khayamuddin Panjaitan berkeyakinan animo masyarakat akan tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Informasi pelaksanaan dapat diakses pada laman Instagram resmi PTPN IV Regional V @ptpn4_regional5, atau laman Facebook @PTPN4Regional5, untuk itu mari manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” tutup Region Head Regional V Khayamuddin Panjaitan. (Andi/biz)***

Leave a comment